Per 1 Januari 2022, Vaksinasi Booster Mulai untuk Masyarakat

Pemberian vaksinasi booster untuk masyarakat umum itu, kata Dante akan dilakukan melalui dua strategi.

Jumat, 10 Desember 2021 | 17:58 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- vaksinasi booster Covid-19 atau dosis penguat, rencananya akan mulai dijadwalkan bergulir untuk masyarakat umum mulai 1 Januari 2022.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat berada di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (10/12/2021). "Untuk vaksinasi booster dimulai 1 Januari 2022. Saat ini kita sedang susun beberapa strategi karena booster ini akan melipatgandakan kebutuhan belanja vaksin," ucapnya.

BERITA TERKAIT:
Per 1 Januari 2022, Vaksinasi Booster Mulai untuk Masyarakat
Harga Tes PCR Rp300 Ribu, Wamenkes: Masuk Akal untuk DIlaksanakan

Pemberian vaksinasi booster untuk masyarakat umum itu, kata Dante akan dilakukan melalui dua strategi, yakni menyasar Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan diberikan secara gratis dan vaksinasi booster berbayar kepada masyarakat non-PBI.

TNI-Polri sebagai vaksinator, imbuh Dante akan dilibatkan dalam fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah untuk pemenuhan vaksin dosis dua. Selain itu fasilitas pelayanan kesehatan swasta juga akan dilibatkan dalam kegiatan ini.

Saat ini, sambungnya, pihak Kemenkes RI bersama akademisi sedang melakukan uji analisis statistik serosurvei. Hasil serosurvei akan menentukan kebijakan pemerintah lebih mendalam perihal petunjuk teknis dan pelaksanaan vaksinasi booster di masyarakat.

"Serosurvei adalah cara untuk melihat jumlah antibodi pada seseorang yang telah terinfeksi Covid-19 atau sudah dapat vaksinasi. Itu akan terindentifikasi tingkat kekebalan di masyarakat," pungkasnya.


tags: #wakil menteri kesehatan #dante saksono harbuwono #vaksinasi #booster

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI