Ilustrasi persawahan, Foto: Istimewa

Ilustrasi persawahan, Foto: Istimewa

Generasi Muda di Banjarnegara Diajak Kembangkan Sektor Pertanian

Sektor pertanian sangat potensial dikembangkan di wilayah Banjarnegara mengingat kondisi iklim dan lahan yang sangat mendukung.

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:46 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Banjarnegara - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah mengajak generasi muda di wilayah setempat untuk ikut mengembangkan sektor pertanian guna meningkatkan perekonomian lokal. Dengan berbagai upaya yang optimal, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah generasi muda yang berkontribusi langsung dalam sektor pertanian.

"Kami mengajak generasi muda untuk mencintai sektor pertanian dan berperan aktif untuk mengembangkannya," ungkap Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin di Banjarnegara, Rabu (29/12).

BERITA TERKAIT:
Dataran Tinggi Dieng Kembali Diguncang Gempa Pagi Ini
Cuaca Buruk Cabai di Banjarnegara Busuk! Petani Terancam Gagal Panen
Tenggelam di Sungai Serayu Banjarnegara, Bocah Asal Wonosobo Ditemukan Meninggal
Bocah 11 Tahun Asal Wonosobo Tenggelam di Sungai Serayu Banjarnegara
Cegah Erosi, PT GDE dan PII Tanam 15 Ribu Pohon di Kawasan Dieng

Ia menambahkan sektor pertanian sangat potensial dikembangkan di wilayah Banjarnegara mengingat kondisi iklim dan lahan yang sangat mendukung.

"Banjarnegara memiliki banyak komoditas pertanian yang potensial dikembangkan, terlebih lagi kondisi iklim dan lahan yang subur sangat mendukung untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah ini," tukasnya.

Meski demikian, pada saat ini belum banyak generasi muda yang terjun dan berkontribusi dalam mengembangkan sektor pertanian di Banjarnegara.

"Pada saat ini, mayoritas petani yang ada di Banjarnegara merupakan golongan orang tua, belum banyak anak muda yang terjun dalam pengembangan sektor pertanian. Karena itu Pemkab Banjarnegara terus mendorong agar makin banyak generasi muda yang berperan aktif," katanya.

Menurutnya, program regenerasi petani di wilayah ini perlu terus menjadi prioritas guna mewujudkan program pertanian berkelanjutan.

"Banjarnegara memiliki potensi besar di bidang pertanian. Kalau tidak generasi muda sekarang siapa lagi yang akan melanjutkan mengelola potensi tersebut pada masa yang akan datang," katanya.

Dia mengatakan, regenerasi petani sangat perlu untuk dilakukan mengingat pertanian merupakan salah satu sektor strategis yang berperan penting dalam mendukung program pembangunan daerah terutama di tengah pandemi Covid-19.

Terkait hal tersebut, kata dia, upaya sosialisasi dan edukasi perlu terus dilakukan karena berperan besar dalam memaksimalkan program regenerasi tersebut.

"Pada masa yang akan datang seluruh jajaran dinas terkait perlu terus memaksimalkan sosialisasi mengenai potensi pertanian guna menarik minat generasi muda untuk berkiprah dalam bidang pertanian," katanya.

"Pada akhirnya diharapkan akan dapat mendukung peningkatan produktivitas pertanian wilayah Banjarnegara dan mengembangkan komoditas-komoditas unggulan," pungkasnya.

***

tags: #banjarnegara #generasi muda #sektor pertanian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI