PKM, Dosen Teknik Elektro USM Serahkan Alat Sistem Monitoring Kumbung Jamur

Kegiatan PKM tersebut disambut baik oleh mitra.

Kamis, 30 Desember 2021 | 00:51 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dosen Teknik Elektro Universitas Semarang (USM) Menyerahkan bantuan Alat Sistem Monitoring Kumbung Jamur kepada petani jamur tiram di daerah Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. 

Kegiatan ini diprakarsai oleh dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Univeritas Semarang yaitu Sri Heranurweni, Budiani Destyningtias dan Taufiq Dwi Cahyo dengan melibatkan dua mahasiswa Teknik Elektro.

BERITA TERKAIT:
Sambut Baik Divisi Robot Bawah Air di Kontes Robot Indonesia Nasional 2023, Mahfud MD: Semoga Muncul Inovasi Baru di Bidang Kemaritiman
Pegiat Sebut Kawasan Semarang Lama Diyakini Mampu Tingkatkan Pariwisata Pasca Pandemi
USM Launching Layanan “News Pool”
HSN, Mahasiswa USM Diajak Teladani Perjuangan Ulama dan Santri
Mengenal Fadlillah, Wisudawati USM Terbaik dari Anak Seorang ART

Kegiatan pengabdian ini berupa pemberian alat untuk memonitor perkembangan kumbung jamur tiram serta bimbingan tekniknya kepada mitra yaitu ibu Dian petani jamur tiram “Kebun Jamur” di daerah Banyumanik Semarang, dengan harapan dapat meningkatkan produksi jamur tiram dan meningkatkan kesejahteraan mitra.

Sri Heranurweni sebagai ketua pelaksana pengabdian menyampaikan bahwa mitra untuk saat ini membudidayakan jamur tiram di lahan kebun yang berada di dekat sungai. Karena lahan yang terbatas dan budi daya jamur tiram ini juga membutuhkan kelembaban yang tinggi dan suhu yang rendah.

“Permasalahan dari mitra adalah membutuhkan teknologi  untuk memonitor kondisi suhu dan kelembaban lahan budidaya jamur, bimbingan dan pendampingan teknis peralatan monitoring. Bantuan yang dibutuhkan mitra adalah peralatan yang dapat memonitor suhu dan kelembaban secara otomatis, karena lahan untuk kumbung jamur yang jauh dari pemukiman” ungkap Sri Heranurweni, Rabu (29/12).

Kegiatan PKM ini disambut baik oleh mitra karena dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan hasil produksi jamur, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada petani jamur, dan masyarakat sekitar juga termotivasi untuk mengikuti jejak membuat budidaya jamur tiram ini.

***

tags: #universitas semarang #usm #jamur tiram

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI