Qualcomm Sepakat Pasok Chip untuk Honda dan Volvo

Tidak hanya Volvo, Honda juga menurut Qualcomm akan mulai menggunakan chip "kokpit" di kendaraan yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Rabu, 05 Januari 2022 | 20:50 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Perusahaan teknologi yang berbasis di San Diego, California, Qualcomm Corp baru saja mengumumkan kesepakatan untuk memasok chip ke produsen mobil Honda Motor Co Ltd, Volvo Group, dan Renault SA.

Upaya tersebut, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (5/1/2022), merupakan langkah percepatan dorongan perusahaan untuk bermitra dengan perusahaan otomotif untuk digitalisasi lini produk mereka.

BERITA TERKAIT:
Kasus Brio Kuning Nyeruduk Empat Orang dan Eskalator di Paragon Semarang, Sales Tidak Bisa Kendarai Mobil
Meski Tampil Cemerlang Musim Ini, Zarco Belum Tentukan Masa Depannya
Rangka Motor Honda Katanya Gampang Keropos: Ada yang Motornya Patah Padahal Lagi di Jalan  
Alex Rins Tak Sabar Bergabung Tim Yamaha
Tips Berkendara Aman, Hindari Bahaya di Jalanan

Qualcomm sebelumnya lebih dikenal sebagai produsen chip ponsel, namun kini mereka telah menciptakan berbagai penawaran otomotif, mulai dari "otak" mobil yang dapat mengemudi sendiri hingga chip yang mengoperasikan dasbor digital dan sistem infotainment.

Walau begitu, chip itu ditujukan untuk tujuan yang sama yaitu membantu para pembuat mobil mengubah kendaraan mereka menjadi komputer bergulir yang dapat diperbarui dengan peningkatan berbayar, model bisnis yang dipelopori oleh Tesla Inc.

Qualcomm, pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan merek Volvo dan Polestar yang didukung Geely Holding untuk menggunakan chip "Snapdragon Cockpit" Qualcomm dan sistem operasi dari Google Alphabet Inc di kendaraan mulai akhir tahun ini.

Adanya kesepakatan tersebut, membuat SUV listrik Volvo bakalan mulai memproduksi mobilnya tahun ini. Chip tersebut akan memanfaatkan penggunaan Asisten Google secara handsfree dan navigasi dengan Google Maps. Perusahaan mengatakan bahwa upgrade di masa depan akan dikirim melalui udara.

Tidak hanya Volvo, Honda juga menurut Qualcomm akan mulai menggunakan chip "kokpit" di kendaraan yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Qualcomm pun mengatakan Renault telah setuju untuk menggunakan teknologi otomotifnya, tetapi tidak memberikan secara spesifik chip mana atau kapan kendaraan yang menggunakannya akan tiba.

Untuk mmbantu fungsi keselamatan seperti kontrol jalur otomatis, Qualcomm pada hari Selasa (4/1) waktu setempat mengatakan bahwa mereka telah menciptakan chip dan sistem baru untuk visi komputer, yang menggunakan kamera pada mobil dan kecerdasan buatan.

"Snapdragon Ride Vision System" yang baru menggunakan perangkat lunak dari Arriver, yang merupakan bagian dari pembelian perusahaan teknologi otomotif Veoneer Inc oleh Qualcomm senilai 4,5 miliar dolar AS tahun lalu.
 

***

tags: #honda #volvo #qualcomm

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI