Dubes RI untuk Korsel Saksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman Proyek Ethylene Baru

Pemerintah Indonesia memandang penting pendekatan jangka pendek dan jangka panjang untuk mengatasi masalah raw materials.

Minggu, 09 Januari 2022 | 16:02 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto Soeherman menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Investasi dan Lotte Chemical Corporation mengenai Fasilitasi Percepatan Realisasi Investasi yang dilakukan secara hybrid pada 7 Januari 2022. 

“Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Investasi dan Lotte Chemical Corporation ini mencerminkan komitmen yang tinggi dari Indonesia dan Korea Selatan dalam meningkatkan investasi dan mengembangkan kemitraan baru di bidang ethylene," ungkapnya.

BERITA TERKAIT:
Dubes RI di Swiss Sampaikan Kronologi Penemuan Eril
Update Pencarian Eril, Dubes RI di Swiss Sebut Tiap Tahun 15-20 Orang Hanyut di Sungai Aare 
Dubes RI untuk Korsel Saksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman Proyek Ethylene Baru
Daftar 17 Dubes RI yang Dilantik Hari Ini
Erdogan Usir Dubes Barat, Dubes RI: Turki Sensitif Isu Kedaulatan

“Saya berharap penandatanganan Nota Kesepahaman ini akan memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan pada bidang-bidang strategis lainnya," tambah Dubes Sulis. 

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Engineering, Procurement and Construction/EPC antara PT Lotte Chemical Indonesia dan para kontraktor. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, Pemerintah Indonesia menawarkan negara-negara mitra, termasuk Korea Selatan, menjadi equity partner dalam joint venture dalam rangka mengatasi masalah rantai pasok global. 

Penandatanganan disaksikan juga oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia dan pimpinan sektor swasta Indonesia dan Korea Selatan. Proyek Ethylene baru, atau disebut Proyek Line, bertujuan membangun kompleks petrokimia yang luas. Kompleks tersebut disiapkan untuk memproduksi 1 juta ton ethylene dengan target penjualan sebesar USD 2,06 milyar per tahun.

Di hari yang sama, Dubes RI di Seoul telah memenuhi undangan dari Menteri Perdagangan Korea Selatan Mr Yeo Han-Koo dalam rangka membahas potensi kerjasama Korsel dengan sejumlah negara mitra guna mengatasi krisis kekurangan pasokan raw materials.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI di Seoul menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia memandang penting pendekatan jangka pendek dan jangka panjang untuk mengatasi masalah raw materials. Untuk jangka pendek, perlunya aktivasi kembali dari konektivitas global termasuk mobilitas pelaku usaha dan kelompok pekerja, serta pentingnya peningkatan kapasitas dan kesempatan sektor swasta dalam mengakses rantai pasok global.

Untuk jangka panjang, Dubes Sulis menyampaikan tiga strategi yaitu, pertama, penguatan infrastruktur logistik, di mana Indonesia saat ini sedang membangun dan mengembangkan 30 pelabuhan di seluruh wilayah NKRI. Kedua, perlunya diversifikasi sumber pasokan. Ketiga, proteksionisme perdagangan perlu dibatasi dan tunduk pada ketentuan hukum internasional yang berlaku.

Menteri Yeo juga menanyakan mengenai kebijakan tentang pelarangan ekspor batubara di Indonesia dan kemungkinan amandemennya. Dubes Sulis menjawab bahwa Pemri sedang melakukan pembahasan antar kementerian secara intensif dan akan segera mengumumkan hasilnya pada sore ini.

?Pada pertemuan tersebut, selain Dubes RI, hadir pula Duta Besar dari 9 negara pelaku kunci rantai pasok global lainnya, antara lain Brazil, Chile, Malaysia, Filipina dan Vietnam. 

Sebelum pertemuan berakhir, Dubes RI di Seoul menyampaikan kesiapan Pemerintah RI sebagai tuan rumah KTT G20. Dubes pun menghimbau peningkatan partisipasi sektor swasta Korea Selatan untuk aktif berpartisipasi pada forum khusus untuk pelaku usaha 20 ekonomi terbesar di dunia yaitu B20 di Bali tahun 2022.

***

tags: #dubes ri #korea selatan #nota kesepahaman #proyek ethylene

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI