Ilustrasi desa wisata

Ilustrasi desa wisata

Pemkab Banjarnegara Gencarkan Kembangkan Desa Wisata

Desa wisata dapat menjadi sektor unggulan di wilayah Banjarnegara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Senin, 10 Januari 2022 | 08:32 WIB - Ekonomi
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Banjarnegara - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terus menggencarkan pengembangan potensi desa wisata di wilayah setempat sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian lokal. Banjarnegara memiliki banyak desa wisata yang berpotensi besar untuk terus dikembangkan.

"Upaya ini juga dilakukan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Banjarnegara," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto, Minggu (9/1).

BERITA TERKAIT:
Cerita Dawet Ayu Banjarnegara, Konon Berawal dari Penjualnya yang Cantik Rupawan 
Bank Jateng Ramaikan HUT Ke-453 Banjarnegara
Pemukim Wilayah Rawan Bencana di Banjarnegara Diimbau Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem
Terdampak Longsor, Ratusan Warga Banjarnegara Terpaksa Mengungsi
Ingat Mbah Slamet Dukun Pengganda Uang Banjarnegara yang Bunuh 12 Orang? Divonis Mati 

"Contohnya adalah Desa Dieng Kulon yang baru saja mendapatkan penghargaan pada ajang Anugerah desa wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan berhasil meraih juara kedua kategori desa wisata maju," imbuhnya.

Hal tersebut, kata dia menunjukkan desa wisata dapat menjadi sektor unggulan di wilayah Banjarnegara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "desa wisata di Banjarnegara sebagian besar memiliki pesona alam yang indah dengan tradisi dan budaya lokal yang kuat," katanya.

Hal ini, kata dia, sangat sesuai dengan tren wisata yang digemari wisatawan pada saat ini yaitu tren wisata alam. "Karena itu kami terus melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi desa wisata yang ada di wilayah ini. Banjarnegara memiliki banyak desa dengan pemandangan alam dan tradisi budaya yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata," katanya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga terus menggencarkan promosi desa wisata yang ada di wilayah setempat baik secara konvensional maupun secara digital.

"Promosi terus digencarkan sebagai salah satu upaya menarik minat wisatawan, tujuannya untuk menggerakkan perekonomian lokal terutama di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Pihaknya meyakini bahwa desa wisata akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di tengah kondisi pandemi Covid-19 asalkan ada upaya yang kuat dari berbagai pihak. Terutama karena desa wisata yang ada di wilayah ini, menurut dia, memiliki area yang luas dan pemandangan alam yang indah serta tradisi budaya yang khas.

"Area yang luas dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar pada saat ini menjadi salah satu potensi karena memungkinkan masing-masing wisatawan untuk menjaga jarak dan tetap menjaga protokol kesehatan," pungkasnya.

***

tags: #banjarnegara #desa wisata

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI