Petugas Lapas Brebes Geledah Kamar Hunian Warga Binaan

Dalam penggeledahan tersebut tidak ditemukan barang haram narkoba.

Kamis, 13 Januari 2022 | 12:10 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes– Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes, Jawa Tengah melakukan pengeledahan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP), Rabu (12/1/2022) malam.

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan melalui Kepala Pengamanan Lapas (KPLP), Syaiful Anwar di sela sela kegiatan menjelaskan, penggeledahan dilakukan untuk memastikan kamar-kamar hunian WBP bebas dari barang-barang yang terlarang. 

BERITA TERKAIT:
Sambut HUT RI dan HDKD ke– 77, Lapas Brebes Gelar Porseni untuk Pegawai dan Narapidana
Kalapas Brebes: Jadikan Lapas Sebagai Tempat Taubat dan Berserah Diri
Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian WBP
Pegawai Lapas Brebes Terima Paket Multivitamin
16 ASN Lapas Brebes Terima Kenaikan Pangkat

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju adalah deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban," terangnya.

Syaiful Anwar menambahkan, Kepala Lapas Brebes, telah memerintahkan kepada dirinya untuk melaksanakan kegiatan penggeledahan untuk mencegah dan menekan masuknya barang-barang yang dilarang masuk ke dalam Lapas sebagai bentuk pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Brebes.

Sebelumnya, KPLP Syaiful Anwar memberikan pengarahan terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan. 

“Malam hari ini saya kumpulkan petugas seluruhnya untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di kamar-kamar hunian. Di samping itu kegiatan ini untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas Brebes," paparnya.

Kegiatan penggeledahan malam seperti ini, lanjutnya, perlu dilakukan secara rutin agar selalu tercipta suasana yang aman terkendali di dalam Lapas.

Syaiful Anwar dalam kesempatan itu pula meminta kepada semua petugas untuk melaksanakan tugas malam ini dengan penuh tanggung jawab dan tetap sopan kepada warga binaan.  

“Saya meminta kepada kita semua untuk melaksanakan tugas malam ini dengan penuh tanggung jawab dan tetap sopan kepada warga binaan,” pinta Syaiful.

Selama penggeledahan, petugas dibagi untuk mengeledah kamar hunian, sebelumnya para WBP diperiksa terlebih dulu oleh petugas sebelum para petugas menggeledah kamar mereka seperti kamar mandi, ventilasi, rak baju dan kolong kamar.

Dalam penggeledahan tersebut tidak ditemukan barang haram narkoba. Namun petugas berhasil mengamankan beberapa handphone, gulungan kabel, beserta barang logam lainnya.

“Meski tidak menemukan obat-obat terlarang, namun, kami berhasil mengamankan sejumlah barang terlarang seperti handphone, charger, gulungan kabel, kartu remi, alat tato, serta logam-logam,” ungkapnya.

Dijelaskan, semua barang temuan hasil razia tersebut selanjutnya akan didata dan akan segera dimusnahkan.

"Hasil penggeledahan tersebut dituangkan dalam berita acara hasil penggeledahan dan dilaporkan sebagai atensi pimpinan," pungkas Syaiful Anwar.


tags: #kalapas #lapas kelas iib brebes #penggeledahan #warga binaan permasyarakatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI