Ilustrasi virus corona

Ilustrasi virus corona

Tujuh Daerah di Indonesia Laporkan Varian Omicron

Varian Omicron sudah tersebar ke Medan.

Minggu, 16 Januari 2022 | 15:58 WIB - Kesehatan
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Penularan virus Covid-19 varian Omicron sudah terdeteksi di tujuh daerah di Indonesia. Ketujuh daerah tersebut adalah Jakarta, Malang, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Medan, dan Surabaya. Berikut ini deretan temuan kasusnya.

1. Jakarta

BERITA TERKAIT:
Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Masyarakat Diimbau untuk Terus Waspada
Kapolri: Kekompakan Berbagai Pihak Dibutuhkan untuk Melawan Covid-19 Varian Omicron
Kasus Omicron Melebihi Delta, Keterisian Rumah Sakit Tetap Terjaga
Sederet Artis yang Pernah Terpapar Covid-19 Varian Omicron
Omicron Meluas, Eks Menristekdikti Prof. Nasir: Kuliah Online Harus Dipercepat!

Kasus positif Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta semakin bertambah. Tercatat, kasus Omicron mencapai 725 orang yang didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri.

"Dari 725 orang yang terinfeksi (Omicron), 75 persennya atau sebanyak 545 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 180 lainnya adalah transmisi lokal," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022).

Dwi juga melaporkan kenaikan kasus positif harian Covid-19 di Jakarta sebanyak 554 orang. Total kasus aktif di Jakarta saat ini mencapai 3.325 orang.

2. Malang

Seorang ibu muda warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, positif Omicron, dirawat di safe house Rusunawa Kepanjen. Pasien berinisial L berusia 30 tahun.

"Pasien menjalani isolasi di safe house Rusunawa Kepanjen," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, Sabtu (15/1/2022).

Arbani menuturkan pasien dirujuk ke safe house rusunawa setelah hasil sampel Whole Genome Sequencing (WGS) yang dikirim ke Unair Surabaya menyatakan positif Covid-19 varian baru Omicron.

3. Bogor

Varian Covid-19 Omicron juga terdeteksi di Kabupaten Bogor. Salah satu warga Kecamatan Dramaga, Bogor, dinyatakan positif varian baru Omicron.

"Bisa kami sampaikan bahwa khusus Kabupaten Bogor dari 5 wilayah Korem kita, memang ada 1 yang kena di Dramaga," ujar Danrem 061/Surya Kencana Brigjen Achmad Fauzi, Selasa (11/1/2022).

Warga tersebut sempat kontak erat dengan sepuluh orang. Namun semuanya dinyatakan negatif setelah melalui tes PCR dan WGS.

Achmad mengatakan yang bersangkutan saat ini tengah diisolasi di Purwasari Dramaga. Dia pun mengajak semua pihak mengantisipasi penularan Omicron, terutama orang-orang yang datang dari luar negeri.

4. Tangerang Selatan

Empat warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, dinyatakan positif Corona atau Covid-19 varian Omicron. Tiga di antaranya kasus transmisi lokal.

"Satu kasus yang berasal dari perjalanan luar negeri adalah kasus perempuan usia 34 tahun setelah ada kunjungan kerja di Amerika Serikat. Adanya tiga kasus transmisi lokal tersebut menambah jumlah kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia," ujar Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Selasa (11/1/2022).

Pria yang akrab disapa Pak Ben ini mengatakan warganya yang positif Corona dari perjalanan luar negeri masih dirawat di rumah sakit. Dia mengatakan pasien tersebut sudah menjalani karantina sejak tiba di Indonesia.

5. Bandung

Satu keluarga di Kabupaten Bandung diduga terpapar Omicron. Saat ini satu keluarga terdiri lima orang itu tengah menjalani karantina di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat di Baleendah, Kabupaten Bandung.

Dirut RSUD Al Ihsan Dewi Basmala membenarkan telah menerima satu keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 yang diduga jenis Omicron. "Iya betul, awalnya satu orang. Terus sebetulnya orang itu sudah dilakukan karantina, dan orang itu sudah negatif," kata Dewi, Senin (10/1/2022).

"Begitu pula ternyata ada gejala panas, ada demam. Dari gejala itu diperiksa PCR, ternyata positif," dia menambahkan.

6. Medan

Seorang warga dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron. Pasien diketahui sempat singgah di SCBD.

Pasien langsung diisolasi di RS Sulianti Saroso usai diketahui positif Omicron. Pasien langsung dievakuasi.

"Sebagai tindak lanjut, saat ini yang bersangkutan dalam proses evakuasi untuk melakukan isolasi di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso," kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa (28/12/2021).

7. Surabaya

Kasus positif Covid-19 varian Omicron di Surabaya kembali bertambah. Total pasien Omicron di Kota Pahlawan ada 4 orang.

"Ada lagi sekarang Omicron di Surabaya 4 (Orang)," terang Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Eri, tambahan empat pasien Omicron yang baru ini terdeteksi setelah pulang dari Jakarta. Usai terdeteksi, keempat pasien langsung diisolasi di rumah sakit.

***

tags: #varian omicron

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI