Warga Semarang Rela Antri Sejak Pagi Ikuti Vaksinasi Booster Polda Jateng di CFD

Kabiddokkes Polda Jateng, Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti menegaskan bahwa Vaksin booster yang disuntikan adalah Moderna.

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:40 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Gelaran vaksinasi booster yang dilaksanakan Bidang Kedokteran Dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jateng di kawasan car free day (CFD) kota Semarang, Jawa Tengah memantik antusiasme warga.

Berdasarkan pantauan di lokasi, warga tampak mengantri sejak pukul 06.00 wib pagi untuk mendaftar dan menunggu giliran. Sejumlah warga yang semula ingin mengantri di depan SMAN 1 Semarang terpaksa beralih ke Lapangan Tri Lomba Juang karena jatah dosis vaksin di lokasi tersebut sudah habis.

BERITA TERKAIT:
BREAKING NEWS: Awal Desember, Densus 88 Langsung Tangkap Terduga Teroris di Sukoharjo
Polda Jateng Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur
Polda Jateng Pastikan Tak Ada Tambang Ilegal di Klaten 
Beberapa Pejabat di Polres Semarang Dimutasi, Ini Rinciannya
Kecelakaan Maut di Wonogiri, Polisi Tetapkan Sopir Minibus Jadi Tersangka

Menanggapi antusiasme warganya, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi merasa salut dan bangga. Pria yang akrab disapa Hendi itu mengapresiasi semua pihak yang mendukung percepatan vaksinasi di kota Semarang. "Terlebih dari Biddokes Polda Jateng yang terus melakukan percepatan khususnya vaksin booster," ujar dia, Minggu (23/1/2022).

Hendi menerangkan animo masyarakat Semarang untuk mengikuti vaksinasi V3 atau booster cukup tinggi. Rata-rata per hari masyarakat mengikuti vaksin booster mencapai 5 ribu hingga 7 ribu. "Kenapa belum sampai puluhan ribu? Karena hingga saat ini kami berbagi vaksinasi untuk anak-anak usia 6 tahun hingga 11 tahun," terang Walikota.

vaksinasi untuk anak, diperkirakan pihaknya selesai dalam waktu sepekan. Setelah itu baru dilakukan akselerasi untuk menyelesaikan vaksinasi V3. "Percepatannya semua lini, seperti yang dilakukan Biddokkes masuk ke tempat-tempat publik yakni di SMA 1 dan Tri Lomba Juang," jelasnya.

Masyarakat diajak Hendi agar terus menaati protokol kesehatan (prokes) di saat melaksanakan kegiatan. Masyarkat wajib jaga jarak, cuci tangan dan jangan lupa vaksin.

"Jika itu bisa dilakukan, InsyaAllah covid ini bisa dilalui," tutur dia.

Terkait vaksin booster yang diberikan pada kawasan car free day kota Semarang, KaBiddokkes Polda Jateng, Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti menegaskan bahwa Vaksin booster yang disuntikan adalah Moderna.

Kombes Hastry juga mengatakan vaksinasi booster yang digelar terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama pada pagi hari diselenggarakan SMA 1 Semarang dan Tri Lomba Juang (TLJ). Kemudian sesi kedua pada sore hari berlokasi di Gereja Peterongan dan mall Paragon.

"vaksinasi booster disediakan 1000 dosis untuk disuntikkan," ujar pakar forensik yang akrab disapa Hastry itu.

Menurutnya, sebelumnya Polda Jateng telah memvaksin anggota Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (Polri) beserta keluarganya sebanyak 5000 dosis vaksin moderna. 

Dijelaskan, Biddokkes Polda Jateng siap mendorong percepatan vaksin booster. Dirinya juga mengungkap jika Polda Jateng saat ini juga berkonsentrasi dalam percepatan vaksinasi lansia dan anak usia 6-11 tahun. "Jika persediaan vaksin booster banyak kami akan jemput bola. vaksinasi juga kami akselerasi untuk lansia dan anak," tuturnya.

Hastry menuturkan pihaknya saat ini menggelar personil di seluruh wilayah Jateng untuk menyalurkan stok dosis vaksin yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.

"Kami mendapat jatah 20 persen dari total dosis vaksin yang diterima Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. Itu sudah kami habiskan semua," tandasnya.

***

tags: #polda jateng #vaksinasi #booster #biddokkes #hendrar prihadi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI