KIA Tarik 410.000 Mobil Produksinya di AS

Para diler KIA telah diminta untuk memeriksa komputer dan memperbarui perangkat lunak atau menggantinya.

Senin, 31 Januari 2022 | 23:55 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, New York- Guna mengatasi masalah yang dapat mencegah kantung udara mengembang saat terjadi kecelakaan, maka perusahaan otomotif asal Korea Selatan, KIA telah menarik lebih dari 410.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS).

Penarikan itu, dikutip dari Hindustan Times, mencakup mobil kecil Forte tertentu dari model tahun 2017 dan 2018 bersama dengan minivan Sedona dan SUV kecil Soul dari 2017 hingga 2019. Selain itu, mobil listrik model Soul juga telah disertakan.

BERITA TERKAIT:
Penjualan Hyundai dan KIA di Indonesia dan Vietnam Mengalami Kenaikan
Sportage Menjadi Mobil Terlaris KIA di Bulan Maret
KIA Bangun Pabrik PBV
Hyundai Belum Putuskan Kapan Kembali Operasikan Pabriknya di Rusia
KIA Tarik 410.000 Mobil Produksinya di AS

Menurut keterangan KIA, penutup kontrol airbag dapat bersentuhan dengan chip memori. Sehingga hal itu berpotensi merusak sirkuit listrik serta dapat menghentikan kantung udara mengembang.

Oleh itu, para diler KIA telah diminta untuk memeriksa komputer dan memperbarui perangkat lunak atau menggantinya. Pemilik model yang rusak akan diinformasikan melalui surat mulai 21 Maret.

Dalam dokumen yang diposting ke regulator keamanan AS, KIA menyatakan bahwa masalah ini muncul di Korea pada Juli tahun lalu. KIA menambahkan telah menerima 13 keluhan pelanggan dan 947 klaim garansi, meskipun tidak ada kecelakaan atau cedera yang dilaporkan karena cacat tersebut.

Sebelumnya sebuah laporan menyatakan KIA berada di bawah pengawasan di AS karena adanya insiden kegagalan mesin dan kebakaran.

Insiden kebakaran dan kegagalan mesin kendaraan KIA yang diproduksi antara 2011 dan 2016, telah dilaporkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA). Imbasnya, KIA diperintahkan untuk membayar denda 27 juta dollar AS dan juga diarahkan untuk meningkatkan langkah-langkah keselamatan.

Walau begitu, pihak KIA membantah laporan itu, serta pembuat mobil memilih untuk menghindari pertarungan hukum yang berlarut-larut.

NHTSA juga membuka analisis teknik bagi perusahaan untuk mengawasi penarikan yang dilakukan terkait dengan masalah kebakaran mesin. Badan tersebut mengatakan akan memeriksa keefektifan penarikan yang dilakukan KIA untuk model yang rusak.


tags: #kia #amerika serikat #korea selatan

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI