Kapal Selam Scorpene. Foto: Istimewa.

Kapal Selam Scorpene. Foto: Istimewa.

Negara-Negara Pemilik Kapal Selam Scorpene, Ada yang Pesan 6 Unit

Harga kapal selam Scorpene pun beragam tergantung jenis, spesifikasi serta kelengkapan persenjataan yang diminta.

Selasa, 15 Februari 2022 | 12:57 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan (Menhan) RI, baru saja memesan kapal selam Buatan Prancis, The Scorpene Submarine atau biasa disebut kapal selam Scorpene. kapal selam ini memiliki segudang kecanggihan sehingga membuat Prabowo kepincut untuk memesan kapal selam Pabrikan Prancis tersebut. Dengan adanya kapal selam Scorpene ini juga bakal melengkapi alutsista TNI.

Selain Indonesia, negara tetangga kita, Malaysia juga sudah lebih dulu memiliki kapal selam canggih tersebut. Oleh karena itu, kesempatan kali ini penulis akan menebutkan negara-negara yang juga memiliki kapal selam Scorpene:

BERITA TERKAIT:
Soal Program Makan Siang Prabowo-Gibran, Tidakkah Bebani Keuangan Negara? Ini Kata Pakar 
Prabowo Diterpa Isu Korupsi Pembelian Jet Tempur untuk Dana Kampanye
Prabowo Nyatakan Indonesia Kekurangan 140 Ribu Dokter, Bagaimana Faktanya? 
Prabowo: Indonesia Kekurangan 140 Ribu Dokter
Prabowo Sampaikan Strategi Transformasi Bangsa, Salah Satunya Memberi Makan Bergizi untuk Anak Indonesia

1. India

Negara dengan sebutan Barata itu ternyata jauh lebih dulu memiliki kapal selam Scorpene yakni pada tahun 2005. Tak tanggung-tanggung, India langsung memborong sebanyak enam kapal selam canggih tersebut yang saat ini sedang dibangun di galangan kapal di Mumbai, India.

Hingga saat ini, Negara Bollywood itu telah merilis empat kapal selam Scorpene dalam kurun waktu 2017 hingga 2019. Berarti, masih ada dua kapal selam Scorpene milik Negara Anak Benua itu yang belum dirilis.

2. Malaysia

Pada tahun 2002 silam, negara tetangga Indonesia ini telah memesan dua unit kapal selam Scorpene. Sejak pemesanan itu, Malaysia resmi mengoperasikan dua kapal selam kebanggannya itu pada tahun 2008 lalu.

3. Chile

Negera Chile juga telah memiliki dua unit kapal selam Scorpene. Atas permintaan Chile, kapal selam itu dibangun di Negara Prancis.

4. Brasil

Negeri samba ini juga telah lebih dulu memiliki kapal selam Scorpene. Bahkan, Brasil telah memesan empat unit kapal selam Scorpene dan satu lambung lagi yang dilengkapi dengan sistem produksi nuklir Asli.

Negara-negara di atas telah lebih dulu memesan kapal selam Scorpene dari Prancis. Adapun, untuk harga kapal selam Scorpene pun beragam tergantung jenis, spesifikasi serta kelengkapan persenjataan yang diminta. Rata-rata biaya pembuatan kapal selam Scorpene ini mencapai US$ 450 juta atau sekitar Rp 6,4 triliun.

***

tags: #prabowo subianto #alutsista #kapal selam #scorpene

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI