FKUB Jawa Tengah: Umat Kristiani Jangan Ragu Rayakan Paskah, Kita Jamin Kondusifitasnya!

FKUB Jawa Tengah bersama organisasi masyarakat gabungan siap menjamin kondusifitas selama paskah.

Sabtu, 16 April 2022 | 14:44 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah mengingatkan umas nasrani di Jateng tak perlu takut merayakan ibadah Paskah. Sebab masyarakat Jateng dinilai telah dewasa dalam hal toleransi beragama.

Ketua FKUB Jawa Tengah KH Taslim Sahlan mengaku turut berbahagia adanya momen Paskah 2022.

BERITA TERKAIT:
Tahun 2022, FKUB Kota Semarang Targetkan Pendirian Hingga Tingkat Kecamatan dan Kelurahan
Waisak, Kalangan Lintas Agama Silaturahmi ke Vihara Tanah Putih Semarang
FKUB Jawa Tengah: Umat Kristiani Jangan Ragu Rayakan Paskah, Kita Jamin Kondusifitasnya!
Kemenag Telah Usulkan Pembentukan FKUB Pusat
Angkat Kearifan Lokal, FKUB Jateng Percepat Moderasi Beragama

“Tentu yang pertama, saya dan pengurus mengucapkan selamat Paskah 2022 kepada saudara saudara yang beragama katolik Kristen. Meskipun saya bukan katolik, sudah sepatutnya harus juga merasa senang ketika saudara kita yang katolik merayakan Paskah. Tentu ini sebuah keberkahan,” kata KH Taslim, kepada KUASAKATACOM, Melalui sambungan telepon, Sabtu (16/4).

Ia mengingatkan kepada masyarakat yang non kristiani agar meningkatkan kedewasaan beragama. Tak perlu meributkan soal hari raya keagaamaan agama tertentu. Tentunya kata dia, hal ini untuk menjaga keharmonisan kehidupan di Jateng dan Indonesia.

“Dalam berbagai momen selalu saya sisipkan pesan sederhana yakni kedewasaan beragama. Ini sangat penting. Beberapa hari lalu kita umat islam hadir di salah satu vihara untuk buka puasa bersama lintas agama. Ini penting untuk bisa menghormati yang puasa,” jelasnya.

Ia menegaskan, seseorang atau kelompok tertentu tak boleh bertindak yang tidak terukur mengatasnamakan agama ataupun kepercayaan tertentu. Misalnya penghinaan, ujaran kebencian dan lain lain.

“Apalagi beberapa saat lagi umat kristiani merayakan Paskah, tak boleh ada kekerasan kekerasan,” tegas dia.

Menurutnya, umat kristiani di Jateng tak boleh ragu ragu atau was was saat merayakan Paskah. Ia menjamin saat ini situasi di Jateng aman untuk warga merayakan berbagai ibadaha keagamaan.

“Berdasar pantauan dan silaturahmi kami di beberapa daerah, Insyaallah Masyarakat Jateng sudah jauh lebih dewasa. Karena itu, saya yakinkan kepada saudara saudaraku Katolik dan Kristen untuk tidak ragu menjalankan prosesi ibadah Paskah ini dengan khidmat,” ungkapnya.

Ia mengatakan FKUB Jawa Tengah bersama organisasi masyarakat gabungan siap menjamin kondusifitas selama Paskah.


tags: #fkub #paskah #semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI