Peringati Hardiknas, Wabup Klaten Harap Ada Inovasi Tingkatkan Pendidikan

Pandemi Covid-19 selama dua tahun ini telah mengubah wajah pendidikan nasional.

Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:59 WIB - Didaktika
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengambil tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar”. Peringatan Hardiknas itu dilaksanakan di Pendapa Agung Kabupaten Klaten, Jumat (13/5/2022).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Klaten Yoga Hardaya membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Dalam sambutannya, Menteri Nadiem menyampaikan kurikulum merdeka yang berawal dari poin untuk membantu guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan lebih 140ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

BERITA TERKAIT:
Peringati Hardiknas, Wabup Klaten Harap Ada Inovasi Tingkatkan Pendidikan
100 Napi Lapas Semarang Ikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional
Rayakan Hari Pendikan Nasional, TikTok Indonesia Luncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional

“Itu berarti bahwa ada ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang lebih baik menyenangkan dan memerdekakan, anak-anak juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan. Karena assiment nasional yang kita gunakan tidak bermaksud untuk menghukum guru atau murid, tetapi sebagai bahan defleksi agar guru terus berjuang untuk belajar supaya kelapa sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolah lebih indusif,” kata Menteri Nadiem dalam sambutan yang sampaikan Wabup Klaten.

Yoga menuturkan, menyampaikan pandemi Covid-19 selama dua tahun ini telah mengubah wajah pendidikan nasional. Ia mengapresiasi para pendidik yang terus berinovasi selama pandemi untuk memastikan proses pembelajaran tetap berlansung.

“Kepada para pendidik di Kabupaten Klaten, harapan saya agar lebih semangat berinovasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran bagi siswa didiknya,” ungkapnya.

Di sisi lain, menurut Yoga, momentum peringatan Hardiknas 2022 sudah seharusnya menjadi perubahan pandangan terhadap pendidikan nasional. Ia menilai saat ini pendidikan tidak tidak hanya sepenuhnya dipasrahkan kepada institusi pendidikan, khususnya tenaga pendidik atau guru. Namun orangtua juga harus turut memperhatikan pendidikan anak.

“Terutama pendidikan budi pekerti, agar anak-anak kita menjadi anak-anak yang baik, berguna bagi bangsa dan negara,” papar Wabup.

Pada acara tersebut, diserahkan penghargaan bagi guru dan siswa berprestasi tingkat TK, SD, dan SMP. 


tags: #hari pendidikan nasional #hardiknas #klaten

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI