Momen Waisak, 63 Napi di Jateng Peroleh Remisi

Hari Raya Waisak tahun ini tidak ada napi yang mendapatkan Remisi Khusus II atau langsung bebas.

Senin, 16 Mei 2022 | 09:14 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Momen hari raya Waisak 2022 ternyata menjadi berkah bagi para napi di Jateng yang beragama Budha. Mereka mendapatkan Remisi atau potongan masa tahanan.

"Remisi Khusus Hari Raya Waisak diberikan kepada 63 napi yang beragama Budha," Kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin, dalam siaran persnya, di Semarang, Senin (16/5).

BERITA TERKAIT:
Momen Waisak, 63 Napi di Jateng Peroleh Remisi
6699 Napi dapat Remisi IdulFitri, Kemenkumham Jateng: Reward Atas Segala Hal Positif
Natal 2021, 417 Napi di Jateng Dapat Hadiah Remisi
1.020 Narapidana Anak Dapat Remisi
53 WBP Lapas Salatiga Dapat Remisi Idulfitri, Diantaranya Mantan Kepala DPU

Ia menyebutkan besaran Remisi yang diperoleh masing-masing napi berbeda-beda, tergantung dari masa pidana yang telah dijalani, yaitu antara 15 hari hingga 2 bulan. 

"Untuk Hari Raya Waisak tahun ini, tidak ada napi yang mendapatkan Remisi Khusus II atau langsung bebas setelah mendapatkan Remisi. Semua hanya mendapatkan Remisi Khusus I atau pemotongan masa hukuman biasa," Jelasnya.

Dari 46 Lapas dan Rutan yang ada di Jawa Tengah, tercatat napu di 13 Lapas/Rutan berhak mendapatkan Remisi. Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan menjadi UPT yang napinya paling banyak mendapatkan Remisi, yaitu 19 orang. 

"Sementara apabila dilihat dari kasusnya, yang paling banyak menerima Remisi adalah napi kasus narkotika, yakni 56 orang dan selebihnya adalah napi terpidana umum," Tandas dia.


tags: #remisi #waisak #a yuspahruddin #kanwil kemenkumham jateng #napi

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI