Kakanwil Kemenag Jateng Resmikan TPQ Plus Al-Qodar Semarang

Isdianto berharap kualitas pendidikan keagamaan bagi santri semakin hari semakin baik dengan dibekali para ustadz yang tentunya juga berkualitas.

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:59 WIB - Didaktika
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Semarang -  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Tengah, Mustain Ahmad, baru saja meresmikan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Plus Al-Qodar. Peresmian TPQ Plus Al-Qodar diselenggarakan di Masjid AlQodar, Sendangmulyo, Tembalang, Semarang, Jumat (20/5/2022) malam.

Hadir dalam peresmian itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Ahmad Darodji, Gubernur Jawa Tengah Periode 2003/2008 Ali Muiz, serta sejumlah ulama Jateng juga turut hadir dalam peresmian TPQ Plus Al-Qodar tersebut.

BERITA TERKAIT:
Seorang Jemaah Haji Asal Kendal Tertahan di Asrama Donohudan, Kenapa?
Dua Hafiz Indonesia Ikuti MTQ Internasional di Amerika Serikat
Tetapkan Awal Zulhijah, Kemenag Bakal Gelar Rukyatul Hilal di 86 Lokasi
Masa Tunggu Haji Indonesia Paling Lama 97 Tahun
Biar Paham, Ini Data Identitas yang Tertera di Gelang Jamaah Haji 

Ratusan umat Islam serta orang tua santri TPQ Plus antusias menghadiri peresmian TPQ Plus tersebut. Termasuk dihadiri seluruh pembina, pengurus, dan pengawas  Yayasan Al-Qodar, diantaranya Ketua Pembina Yayasan  Sugiono, Ketua Yayasan Isdiyanto Isman dan Ketua Pengawas Yayasan Teguh Hadi Prayitno.

Dalam sambutannya, Mustain Ahmad menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap pengurus Yayasan Al-Qodar Sendangmulyo Semarang, Takmir Masjid Al-Qodar, Pengurus TPQ Plus Alqodar yang dengan segenap daya upayanya mewujudkan gedung TPQ Plus Alqodar.

"Dan tentu terimakasih kepada para donatur. Mudah-mudahan menjadi amal sholeh untuk panjenengan semua, jadi amaln sholeh kita semua," harap Mustain Ahmas, Jumat. 

mengatakan inilah kondisi yang kita syukuri dan kita jaga bersama. Kondisi keagamaan yang semakin baik dari waktu ke waktu. TPQ Plus Alqodar ini adalah TPQ yang ke-33489 yang ada di Jawa Tengah," tutur Kakanwil Kemenag Jateng.

Pemerintah, kata dia, melalui Kemenag dan juga kementerian yang lain berupaya untuk memberikan pelayanan yang dari waktu ke waktu semakin baik. Dan Alhamdulillah sekarang kondisi Umat Islam semakin baik pula.

"Bukan saja di kehidupan sosial, tapi juga di sisi pendidikan sekarang, di Kementerian Agama sudah banyak madrasah-madrasah yang menolak-nolak murid. Kondisi yang tidak kita temukan kira-kira 30-40 tahun yang lalu," ujarnya.

Mustain menuturkan, sekarang pesantren-pesantren diisi oleh santri-santri yang orang tuanya tak pernah mengenyam pendidikan pesantren. Ia pun memuji kesadaran masyarakat terkait pendidikan agama bagi anak.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al-Qodar Sendangmulyo Semarang, Isdianto Isman mengaku bersyukur atas berdirinya TPQ Plus Alqodar ini. "Kita bersyukur kehadirat Allah SWT bahwa kita berhasil membangun gedung TPQ Plus yang sekarang ini sudah dipakai untuk pendikan oleh anak-anak kita," ucap Isdianto.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa pendirian TPQ Plus Alqodar ini salah satunya untuk membentengi generasi muda dari paparan faham radikal.

"Dan alhamdulillah radikalisme di Sendangmulyo semakin hari semakin menurun," terangnya.

Pantauan KUASAKATACOM, di sela-sela acara peresmian TPQ Plus Alqodar, diselingi penampilan para santri. Diantaranya, kultum yang energik, tes hafalan Al-Quran, puisi, serta penayangan dokumentasi proses pembanungan TPQ Plus Alqodar yang menelan dana sekira Rp1,3 miliar dengan masa pengerjaan sekira tujuh bulan. 

Isdianto berharap dengan adanya TPQ Plus Alqodar ini, kualitas pendidikan keagamaan bagi santri semakin hari semakin baik dengan dibekali para ustadz yang tentunya juga berkualitas.


tags: #kemenag #mui #sendangmulyo #semarang #tpq plus alqodar

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI