Tiga Napi Terorisme Lapas Nusakambangan Ikrar Setia NKRI

Pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara di Lapas Pasir Putih telah berhasil.

Minggu, 22 Mei 2022 | 12:52 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Nusakambangan - Tiga napi kasus terorisme (napiter) mengucapkan ikrar setia kepada NKRI dan mengakui Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara di Lapad Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan, Sabtu (21/5/2022).

Kegiatan yang diadakan di aula Lapas Pasir Putih tersebut dipimpin Kepala Lapas Pasir Putih, Fajar Nurcahyono, dihadiri dan disaksikan oleh perwakilan PK Balai Pemasyarakatan Nusakambangan, Densus 88, Rohaniawan Kemenag dan perwakilan dari BNPT.

BERITA TERKAIT:
Kemenkumham Jateng Ingatkan Jajaran Berikan Pelayanan Terbaik untuk Napi
Pertemuan Tatap Muka dengan Para Napi, Kepala Lapas Semarang Sampaikan Banyak Pesan Tegas
Hari Lahir Pancasila, Napi Lapas Semarang Gelar Drama Kolosal “Babad Diponegoro”
Tiga Napi Terorisme Lapas Nusakambangan Ikrar Setia NKRI
Polresta Padang Ringkus Dua Napi Pasca Kerusuhan di Lapas Anak Air

Ketiga napiter juga membuat pernyataan untuk meninggalkan pemahaman dari kelompok radikal, dan segala bentuk perlawanan terhadap NKRI. Berikutnya, ketiga napiter akan menjalani proses pemasyarakatan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pemasyarakatan dan ketentuan lainnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan Lapas Pasir Putih.

"Lapas dengan kategori Super Maximum Security telah beberapa kali menaklukan kerasnya pemikiran dan pemahaman yang keliru dari para pelaku terorisme yang dibina. Tentu hal ini saya apresiasi, " Ujar Yuspahruddin

Yuspahruddin juga menegaskan jika keberhasilan ini sebagai bukti bahwa Lapas Pasir Putih telah melakukan pembinaan dan kesuksesan dalam menjalin kerja sama dan koordinasi dengan BNPT.

"Tentu ini keberhasilan yang luar biasa. Tidak mudah membuat seorang napiter untuk kembali mencintai NKRI, " Jelasnya

Ia menambahkan jika pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara di Lapas Pasir Putih telah berhasil.

"Bisa dikatakan pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara di Lapas Pasir Putih telah berhasil, begitupun pembinaan kesadaran beragamnya, " imbuh dia

Sementara itu, Kepala Lapas Pasir Putih Fajar Nur Cahyono mengatakan sangat mengapresiasi kinerja seluruh jajaran dalam keberhasilan membawa 3 napiter kembali ke pangkuan NKRI.

"Suatu hal yang luar biasa dapat membuat napiter kembali ke pangkuan NKRI. Terima Kasih atas pengabdian dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulia ini, " kata Kalapas.


tags: #narapidana #nusakambangan #teroris

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI