Jelang Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen, Bupati Yuni Ziarah ke Makam Tokoh Pendiri Bumi Sukowati

Bupati Yuni menjelaskan ziarah kepada leluhur atau tokoh Kabupaten Sragen merupakan tradisi yang selalu dilakukan menjelang hari jadi Sragen.

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:59 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sragen – Menjelang Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melakukan ziara ke makam tokoh pendiri Bumi Sukowati. Kegiatan tapak tilas yang diikuti Wakil Bupati, Suroto dan jajaran Forkopimda Sragen ini digelar, Selasa (24/5/2022).

Bupati Yuni menjelaskan ziarah kepada leluhur atau tokoh Kabupaten Sragen merupakan tradisi yang selalu dilakukan menjelang hari jadi Sragen. "Kami mendoakan semua diterima amal ibadahnya. Di tempat itu kami berdoa untuk Kabupaten Sragen," jelasnya.

BERITA TERKAIT:
Bupati Sragen Ajak Perempuan Wujudkan Kesetaraan Gender dan Berdaya Saing
Bupati Sragen Gelar Halalbihalal dengan Tokoh Masyarakat
Lanjutkan Safari Ramadhan, Bupati Sragen Lakukan Penataan SDM dan Kompetensi ASN dengan Profesionalitas
Hari Pertama Lebaran, Bupati Sragen akan Gelar Open House di Pendopo Sumonegaran
Lanjutkan Safari Ramadan, Bupati Sragen: Kita Hadapi Pilkada dengan Riang Gembira

Selain mengirimkan doa, berziarah dikatakannya sebagai pengingat sejarah bahwa Sragen ada hingga saat ini. Menurutnya, Sragen bisa se-maju sekarang berkat peran serta para leluhur pendahulu yang begitu besar dalam membangun Kabupaten Sragen. Sekaligus ikhtiar mengingat kembali sejarah serta jasa-jasa pendahulu.

"Kita berziarah mendoakan para leluhur dan sebagai mengingat sejarah bahwa Sragen sampai hari ini ada baik. Maju dan sebagainya tentu peran serta dari para leluhur itu sangat besar," ujarnya.

"Beliau-beliau ini sudah banyak berjuang, ya kita terus memberikan doa agar nanti generasi penerus kita sama," lanjutnya.

Sebagai wujud perhatian dari pemerintah kepada masyarakat Sragen, Pemkab Sragen juga membagikan sejumlah paket sembako kepada masyarakat sekitar lokasi makam. Selain itu, ziarah dilanjutkan ke kompleks makam Raja Mataram di Imogiri, DI Yogyakarta, Rabu (25/5/2022) pagi.

Dalam kesempatan itu, pusara pertama yang dikunjungi Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wakil Bupati, Suroto dan jajaran Forkopimda Sragen yakni di Taman Makam Pahlawan Hastana Manggala Manding di Kecamatan Sragen. Makam ini banyak pahlawan dari Kabupaten Sragen yang pernah berjuang untuk Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Dilanjutkan ke Makam Sukowati di Kecamatan Tanon yang merupakan tempat bersemayamnya Pangeran Sukowati yang mana namanya digunakan sebagai Bumi Sukowati atau nama lain Kabupaten Sragen. Ketiga, dilanjutkan berziarah makam Butuh di Kecamatan Plupuh di mana jenazah Joko Tingkir disemayamkan.

Makam selanjutnya ialah Makam Prampalan di Kecamatan Masaran di mana Bupati pertama Kabupaten Sragen Soemonagoro dimakamkan. Selanjutnya berziarah Bupati Sragen (Periode 1990-2000) Kol. Art (Purn) H.R. Bawono yang dimakamkan di Pesarean Sekar Keluarga HR Bawono, di Duyungan, Jetak, Kecamatan Sidoharjo.

Ke-enam, berziarah di makam Ki Srenggi yang berada di Sragen Lor (Kec. Sragen) disini Panglima Perang Sunan Amangkurat dari Kraton Kartasura dikebumikan. Pada ziarah lokal terakhir dilakukan di Makam SI di Kecamatan Sragen. Di tempat ini para Bupati maupun Ketua DPRD Sragen terdahulu dimakamkan.

***

tags: #bupati sragen #ziarah #hari jadi ke-276 kabupaten sragen #tokoh pendiri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI