Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan bersama budayawan Agus Sukoco dimoderdatori Kepala Dindikbud Tri Gunawan dalam Sarasehan Membumikan Pancasila di Kalangan Generasi Muda, di Bioskop Misbar Taman Kota Usman Janatin, Sabtu (4/6/2022). (Joko Santoso)

Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan bersama budayawan Agus Sukoco dimoderdatori Kepala Dindikbud Tri Gunawan dalam Sarasehan Membumikan Pancasila di Kalangan Generasi Muda, di Bioskop Misbar Taman Kota Usman Janatin, Sabtu (4/6/2022). (Joko Santoso)

Ketua DPRD Purbalingga : Sebagai Ideologi Bangsa, Pancasila Sudah Final

Perlu ada upaya untung menghadapi ancaman terhadap Pancasila

Senin, 06 Juni 2022 | 13:22 WIB - Ragam
Penulis: Joko Santoso . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Purbalingga- Pancasila sudah final sebagai ideologi dan jatidiri bangsa. Keberadaaannya tak perlu diperdebatkan. Yang terpenting adalah bagaimana mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Purbalingga Bambang Irawan  saat menjadi narasumber bersama Budayawan Agus Sukoco pada kegiatan Sarasehan Membumikan Pancasila di Kalangan Generasi Muda yang digelar di Bioskop Misbar Purbalingga komplek Taman Kota Usman Janatin, Sabtu (4/6/2022) malam.

BERITA TERKAIT:
Bupati Klaten Ajak Warga Lestarikan Nilai-nilai Pancasila
Hendi Tegaskan Indonesia Merupakan Negara Berdasarkan Pancasila
Bupati Purbalingga: Gotong Royong Merupakan Salah Satu Implementasi Pancasila
Polri Ungkap Fakta Khilafatul Muslimin, Sistem Pendidikan hingga Infaq Rp.1000 per Hari
Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila, Ratusan Peserta Ikuti Kemah Kebangsaan di Karanganyar

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi)  beserta para Kepala OPD itu digelar dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Di Kabupaten Purbalingga, bulan Juni 2022 dijadikan “Bulan Pancasila” yang rencananya setiap Sabtu malam akan dilaksanakan sarasehan dan di akhhir bulan Juni akan ada Kemah Pancasila dan lomba foto di Goa Lawa Purbalingga (GOLAGA). 

Sarasehan yang juga menampilkan pentas seni budaya tari dan teater, diikuti oleh elemen pemuda seperti Karang Taruna, KNPI, para Pengurus OSIS dari SMA/SMK dan PKRT.
Dijelaskan juga oleh Ketua DPRD bahwa Perjalanan Pancasila sejak dilahirkan pada 1 Juni 1945 bukan berarti tanpa masalah.

Berbagai ideologi tandingan dan gerakan yang menentang Pancasila pernah dilakukan oleh berbagai oknum dan kelompok. Untuk itu perlu ada upaya untuk menghadapi ancaman terhadap Pancasila.

“Upaya itu antara lain penguatan nilai-nilai Pancasila dengan pendekatan budaya, dengan penguatan di sektor pendidikan dan upaya penegakan hukum”, jelasnya.
 


tags: #pancasila #kabupaten purbalingga #ketua dprd purbalingga

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI