Sebanyak 11.592 Jemaah Haji Sudah Berada di Madinah

Hari ini, Kemenag juga memberangkatkan 424 petugas penyelenggara ibadah haji.

Kamis, 09 Juni 2022 | 20:13 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Dalam lima hari fase keberangkatan, sebanyak 11.592 jemaah sudah diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi. 

Di Madinah, selain menjalani ibadah Arbain (salat berjamaah di Masjid Nabawi dalam 40 waktu), jemaah juga memanfaatkan waktunya untuk berziarah.

BERITA TERKAIT:
Kemenag Diminta Percepat Distribusi Kartu Nusuk ke Jamaah Haji
Kemenag akan Beri Sanksi Travel Penyedia Visa selain Visa Resmi Haji
Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam Jemaah Haji Indonesia
Kemenag Terbitkan KMA terkait Bahan yang Dikecualikan dari Kewajiban Bersertifikat Halal
Sudah 1.395 Calon Haji asal Kudus Diberangkatkan ke Tanah Suci

Juru Bicara PPIH Ahmad Abdullah saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (9/6/2022), mengatakan kegiatan ziarah di Madinah tanpa pungutan biaya tambahan.

“Kegiatan ziarah di Madinah merupakan program kegiatan yang sudah menjadi paket kontrak layanan yang diberikan oleh Muasasah atau Syarikah. Paket tersebut tanpa dipungut biaya tambahan,” tegasnya. 

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraaan Haji dan Umrah tersebut menambahkan jemaah tak perlu melakukan ziarah sendiri-sendiri.

“Jemaah juga tidak perlu melakukan ziarah sendiri-sendiri, cukup mengikuti paket layanan yang disiapkan Syarikah,” imbuhnya.

Untuk hari ini, lanjut Abdullah, ada 2.366 jemaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka terbagi dalam enam kloter. Sebanyak dua kloter (803 jemaah) berangkat dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG). Dua kloter (720 jemaah) juga akan berangkat dari Embarkasi Solo (SOC). Sementara dua kloter lainnya berangkat dari Embarkasi Surabaya atau SUB (450 jemaah) dan Padang atau PDG (393 jemaah).

“Hari ini, Kemenag juga memberangkatkan 424 petugas penyelenggara ibadah haji. Mereka akan bertugas melayani jemaah di Daerah Kerja Makkah selama 64 hari,” jelas Abdullah.

Untuk memudahkan jemaah dan masyarakat dalam mengupdate informasi, sekaligus mendekatkan layanan, lanjut Abdullah, pemerintah telah menyediakan layanan WA Center di nomor +966 503 5000 17. “Nomor tersebut sudah terpampang di setiap akomodasi atau hotel Jemaah Haji Indonesia,” tandasnya.

***

tags: #kemenag #madinah #ditjen penyelenggaraan haji dan umrah #asrama haji pondok gede

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI