Petani Bawang Merah di Brebes Gagal Panen Akibat Cuaca Buruk, Rugi Puluhan Juta 

Ratusan hektare lahan tanaman bawang merah tampak menguning hingga daun dan umbi membusuk. 

Jumat, 10 Juni 2022 | 07:27 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Brebes - petani bawang merah di Kabupaten Brebes harus menelan pil pahit lantaran gagal panen akibat cuaca buruk. Akibatnya para petani harus menanggung kerugian hingga puluhan juta rupiah. 

Kondisi gagal panen antara lain terjadi di Desa Banjar Anyar, Kecamatan Brebes. Ratusan hektare lahan tanaman bawang merah tampak menguning hingga daun dan umbi membusuk. 

BERITA TERKAIT:
Petani Usul Harga Beli Gabah Dinaikan Rp2.000 per Kilo 
Bulog Mulai Serap Gabah dan Beras Hasil Panen Petani di Eks Karisedanan Banyumas
Petani di Desa Banjarsari Pati Menangis, Banjir Sebabkan Kerugian Lebih dari Rp1 Miliar 
Mentan Kunjungi Kendal, Minta Bulog Beli Gabah Petani Terdampak
Petani Demak: Hasil Panen Habis Buat Perbaiki Rumah karena Banjir

Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan tanaman rentan terkena hama ulat. Akibatnya tanaman yang berumur 30-40 hari tidak tumbuh maksimal.  

“Saya sudah dua kali gagal panen sejak awal tahun lalu. Saat tanaman mulai menguning, tidak ada lagi cara untuk menanggulangi,” kata salah satu petani bawang, Sunito, Kamis (9/6/2022). 

Akibatnya, dirinya rugi Rp50 juta untuk luas lahan seperempat hektare, yakni untuk membeli bibit, pupuk, obat-obatan, dan ongkos tenaga kerja.  

Dengan hasil panen seperti ini, dirinya hanya bisa menjual bawang merah Rp7.000 per kilogram ke tengkulak. Padahal jika panen bagus, bisa dijual Rp15.000 hinngga Rp20.000 per kilogram.  

Sebagai akibat banyaknya petani yang gagal panen, harga bawang merah di pasaran meroket Rp40.000 hingga Rp50.000. Sejumlah petani lainnya memilih panen dini di tengah mahalnya harga bawang merah

“Tanaman bawang merah yang biasa dipanen pada umur 60 hari, terpaksa dipanen pada umur 45 hari,” kata petani lainnya, Iin Pungkasan. 

Dirinya berharap bawang merah hasil panen bisa dijual Rp20.000 per kilogram setelah dikeringkan, meski bawang merah hasil panen berukuran kecil.  

Saat ini sebagian petani bawang merah mulai memasuki musim tanam ketiga. Para petani berharap pemerintah bisa menstabilkan harga bawang merah saat panen raya mendatang. Mereka juga berharap harga pupuk bisa dijangkau petani

***

tags: #petani #bawang merah #brebes #gagal panen

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI