Tim PkM FE USM Beri Alat Sealer dan Vacuum Bagi Pelaku Usaha GETAIGA

Produk mitra mulai menambah variasi produk yaitu sambal ikan gabus dan bawang pedas raos.

Rabu, 15 Juni 2022 | 15:55 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) belum lama ini memberikan bantuan alat Sealer dan Vacuum beserta pelatihan penggunaannya kepada Pelaku Usaha gereh tabur Ikan Gabus (GETAIGA) di Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Tim PKM FE USM terdiri dari Haris Murwanto P SE MM, Yudhitiya Dyah Sukmadewi SH MH, Dr Rr Dian Indriana T  SE MSi Akt, serta dibantu oleh dua mahasiswa FE USM yaitu Firdaus Sadewa dan Natasha Veren AK. 

BERITA TERKAIT:
Kreatif! Mahasiswa UNNES Buat Sabun Spray Antibakteri dari Limbah Semangka
Lolos Pendanaan PKM, Unwahas Semarang Harus Rutin Riset
UPGRIS Lolos 22 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2023
Tim PkM FTP USM Kenalkan Limbah Rambut Jagung Bisa Jadi Agar-Agar Sehat
Tim PkM FE USM Beri Alat Sealer dan Vacuum Bagi Pelaku Usaha GETAIGA

Pada kesempatan itu mitra PKM selain menerima bantuan alat, juga diberikan pelatihan cara penggunaan alat tersebut oleh Haris Murwanto.

Ketua Tim PKM FE USM Haris Murwanto P SE MM menjelaskan Pelaku Usaha GETAIGA tersebut adalah Mbah Sutri, mitra dalam program PKM USM semester genap tahun 2021-2022, yang merupakan produsen olahan pangan ikan gabus.

"Mitra PKM merupakan produsen olahan pangan ikan gabus sejak tahun 2018 dan telah memasarkan produknya di berbagai kota baik secara online maupun offline. Usaha ini dijalankan oleh Bapak Gus Aryo Bimo selaku pemilik dengan dibantu dua karyawannya," jelas Haris, Selasa (14/6).

Produk mitra, kata dia, juga mulai menambah variasi produk yaitu sambal ikan gabus dan bawang pedas raos. Semula proses produksi dilakukan secara manual dengan pengemasan sederhana, namun seiring perkembangannya saat ini produksi sudah dilakukan menggunakan oven dan pengemasan dibuat dengan desain menarik.

Dengan adanya bantuan ini, ia berharap mesin sealer dan vacuum ini dapat menunjang proses pengemasan produk dengan lebih efektif dan efisien.

"Selanjutnya mitra diberikan penjelasan mengenai merek dagang dan proses pendaftarannya oleh Yudhitya Dyah Sukmadewi, kemudian pelatihan mengenai perhitungan harga pokok produksi dan kemasan ibu Dian Indriana,” katanya.

Sementara itu, Yudhitiya Dyah Sukmadewi SH MH mengungkapkan ada ada peningkatan pemahaman bagi mitra mengenai merek dagang dan proses pendaftarannya. Serta mampu mengembangkan varian produk lain.

"Disamping itu ada peningkatan pemahaman bagi mitra mengenai merek dagang dan proses pendaftarannya serta peningkatan pemahaman dan keterampilan bagi mitra mengenai perhitungan penetapan harga produksi dan kemasan," ungkap Yudhitiya.

Mitra PKM, Gus Aryo Bimo menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dan dukungan tim PKM FE USM. menurutnya dengan adanya bantuan alat sealer dan vacuum ini, proses pengemasan dapat lebih cepat dan lebih banyak, karena alat tersebut dapat digunakan dua pouch sekaligus. Selain itu, pemahaman tentang pendaftaran merek juga meningkat serta menjadi paham bagaimana menghitung harga jual produk yang tepat.

***

tags: #pkm #universitas semarang #getaiga

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI