Hasto Ingatkan Kepala Daerah untuk Tunjukkan Prestasi Tanpa Memikirkan Elektoral

Para penjabat kepala daerah yang bertugas juga diingatkan Hasto untuk selalu menaati peraturan perundang-undangan dan tidak melakukan manuver politik.

Rabu, 22 Juni 2022 | 16:06 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan bahwa penjabat kepala daerah harus menunjukkan tanggung jawabnya serta prestasi tanpa memikirkan elektoral.

Hal itu disampaikan Hasto di sela-sela Rakernas II PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu, menanggapi kekhawatiran adanya penjabat kepala daerah dimanfaatkan untuk pemenangan capres-cawapres.

BERITA TERKAIT:
Antar Bacalon Ikuti Fit dan Proper Test, Sri Mulyani Berharap Bupati Klaten Terpilih Lanjutkan Programnya
Bila Terpilih Jadi Bupati, Dion Agasi Ingin Turunkan Angka Kemiskinan di Purworejo
Ikuti Fit and Proper Test di PDIP Jateng, Arnaz Beberkan Sejumlah Program bila Terpilih Jadi Wali Kota Semarang
Pj Gubernur Jateng Serahkan Bankeu Parpol Senilai Rp22,6 Miliar
Beberapa Daerah di Jateng, Miliki Potensi Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024

"Mereka harus menunjukkan prestasi di mana mereka menjadi penjabat kepala daerah tanpa hasil elektoral, dan betul-betul berkomitmen bagi kemajuan wilayahnya," tegasnya.

Para penjabat kepala daerah yang bertugas juga diingatkan Hasto untuk selalu menaati peraturan perundang-undangan dan tidak melakukan manuver politik.

"Kan sudah diatur dalam undang-undang karena penjabat kepala daerah itu tidak boleh terlibat dalam kepentingan kebijakan politik praktis," ucapnya.

Selain itu, Hasto juga menegaskan untuk penjabat kepala daerah tidak terlibat langsung dalam kampanye maupun memberikan dukungan kepada capres-cawapres pada Pemilu 2024.

Dalam berpolitik, menurut Hasto harus percaya pada regulasi dan aturan yang sudah dibuat. Oleh karena itu, pentingnya wasit dalam setiap penyelenggaraan pemilu, termasuk peran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga kelompok masyarakat.

"Ketika ada yang menyimpang harus ada wasit yang menyemprit, meniup peluit. Ada Menteri Dalam Negeri, ada kelompok sosial masyarakat yang mengawasi Pj. kepala daerah. Itu betul-betul bertindak untuk mempercepat kemajuan yang ada di daerahnya," ungkapnya.

***

tags: #pdi perjuangan #hasto kristiyanto #elektoral #kepala daerah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI