Peringati Lustrum ke-7, Rektor Dr Supari Beri Penghargaan pada Pendiri USM 

Jumat, 24 Juni 2022 | 20:33 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari ST MT memberikan penghargaan pada Upacara Lustrum Ke-7 atau Dies Natalis Ke-35 Universitas Semarang, pada Kamis (23/6). Perhargaan ini diberikan oleh Dr Supari kepada pendiri Universitas Semarang di Gedung Auditorium Ir Widjatmoko USM.

Para pendiri USM tersebut antara lain Prof H Sudarto SH, Prof dr H Moeljono S Trastotenojo, Prof Ir Joetata Hadihardaja, Prof Dr H Muladi SH dan Ir Widjatmoko.

BERITA TERKAIT:
Pimpin Upacara Hari Pramuka, Pj Bupati Serahkan Penghargaan kepada 41 Tokoh Pramuka
Terima Penghargaan Ketahanan Pangan, Jokowi: Terimakasih Petani 
Megawati Terima Medali Yobel dari Pemerintah Kazakstan 
Hotel Ciputra Semarang Anugerahkan Penghargaan ke Sejumlah Mitra, Termasuk KUASAKATA.COM
Semarang Pertahankan Predikat Kota Layak Anak

Kelima pendiri USM tersebut saat ini sudah meninggal dunia, sehingga penghargaan diberikan kepada perwakilan keluarga pendiri.

USM yang semula dipandang sebagai Universitas Samping Masjid, telah bertransformasi menjadi Universitas Semakin Megah. Hal ini tentu saja tidak datang tiba-tiba. Namun, perlu pemikiran, perjuangan, pengorbanan dari para pendiri Yayasan Alumni Universitas Diponegoro. Untuk itu sudah sepatutnya kalau USM memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa dan dedikasi sepanjang hayat bagi para pendiri USM,” kata Supari.

Sejak awal pendiriannya, kata dia, USM tumbuh dengan sesanti "sing sopo nandur pari, ora bakal ngunduh alang-alang". Sesanti tersebut mengandung keyakinan dan makna yang mendalam tentang ketulusan semangat berkarya warga USM (dosen, dan karyawan, bahkan mitra USM) memberikan sumbangsih untuk kemajuan USM.

Untuk itu USM juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada perumus sesanti tersebut yaitu  R Widiyartono SS yang merupakan budayawan Kota Semarang.

“Potret saat ini, USM mempunyai 673 dosen dan tennaga Pendidikan, 18 ribu mahasiswa, klaster utama pengelolaan penelitian. Sumber daya dan opportunity yang potensial untuk memberikan manfaat bagi kemajuan, peningkatan, kesejahteraan masyarakat di Kota Semarang pada khususnya, Jateng dan Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Pada lustrum ke-7 ini USM menerbitkan buku direktori doktor yang memuat judul dan abstrak disertasi. USM mendorong, untuk lebih banyak lagi jumlah dosen bergelar doctor untuk akselerasi pencapaian visi USM yang mengahsilkan sumber daya insani yang profesional, beradab, dan ber-keindonesiaan, serta menghasilkan IPTEKS yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat.

Dr Supari pun berharap dukungan semua pihak  agar ke depan USM makin mampu berperan memberi kontribusi mencerdaskan khdupan bangsa, kontribusi membangun Kota Semarang, Jawa Tengah dan Indonesia.

Ketua Pembina Yayasan Alumni UNDIP Prof Sudharto berharap, kepada segenap pimpinan USM mulai dari jajaran Universitas, Fakultas dan program studi, untuk membawa USM bisa sejajar dengan PTS (perguruan tinggi swasta) terbaik lain baik di Kota Semarang, Jawa Tengah maupun nasional.

"Saya berharap segenap pimpinan USM mulai dari jajaran Universitas, Fakultas dan program studi tidak terbawa eforia kemajuan yang telah dicapai. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilaksanakan untuk membawa USM bisa sejajar dengan PTS terbaik lain baik di Kota Semarang, Jawa Tengah maupun nasional," harapnya.


tags: #penghargaan #dies natalis #universitas semarang #usm #rektor usm

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI