Hewan Ternak Kelompok Tani Sri Mulih di Salatiga Jalani Vaksinasi PMK

Salatiga akan kembali mendapat vaksin untuk PMK sebanyak 55 botol untuk 5.500 ekor ternak.

Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:59 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Salatiga'>Salatiga – Pemprov Jateng mendistribusikan vaksin Penyakit Kaki dan Mulut (PMK) untuk hewan ternak ke sejumlah wilayah. Termasuk di antaranya Kota Salatiga'>Salatiga.

Vaksin itu segera disuntikkan ke hewan ternak.  Seperti yang dilakukan di tempat peternakan milik Kelompok ternak Sri Mulih di kandang koloni Dusun Kradenan, Kelurahan Tingkir Lor,  Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga'>Salatiga, Jumat (24/6/2022). 

BERITA TERKAIT:
27 Polsuspas Rutan Salatiga Meriahkan Virtual Run HDKD ke-77
Ojek Online Jeggboy & Girl di Salatiga: Melayani Antar-Jemput, Belanja, Temani Kondangan hingga Angkat Jemuran
Bocah SD di Salatiga Selamat dari Percobaan Penculikan, Selamat Setelah Teriak dan Ditolong Warga 
Lapas Ambarawa Gelar Donor Darah, 39 Kantong Darah Terkumpul
Rutan Salatiga "Kehilangan" Salah Satu Orang Tua Panutan

Ketua Kelompok ternak Sri Mulih,  Ahmad Solihun terlihat semringah. Karena kini, ternaknya baru saja mendapatkan vaksinasi.

"Kelompok ternak Srimulih menyambut dengan senang sekali karena ada perawatan dari dinas peternakan yang selalu memerhatikan peternakan," kata Solihun di kandang koloni milik kelompok ternak Srimulih.

Menurutnya, pemberian vaksinasi PMK untuk ternak adalah hal baik bagi ternaknya. Hal itu membuat peternak tidak lagi diliputi kekhawatiran ternaknya akan terkena PMK

"Kita resah dan waspada sebelumnya," jelasnya.

Pihaknya juga berupaya melakukan perawatan ternak seperti menyemprot disinfektan ke kandang. Bahkan, satu bulan terakhir pemerintah setempat memberikan vitamin kepada hewan ternak. Adapun jumlah hewan ternak di kandang koloni 15 ekor sapi dan yang dirawat di kandang warga sebanyak 50 ekor. 

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga'>Salatiga Henni Mulyani mengatakan, Kota Salatiga'>Salatiga termasuk satu di antara delapan kabupaten/kota yang mendapat vaksin darurat. Jumlah vaksin yang diterima pemerintah provinsi sekitar 1.500 vaksin. 

"Salatiga'>Salatiga mendapat 1 botol untuk 100 ekor atau 100 kali suntik. 1 kali suntiknya 2 mili liter. Suntikan itu diberikan ke sapi sehat. Sebab sesuai SOP-nya, ternak yang mendapatkan vaksinasi harus ternak sehat. Oleh karenanya kita memilih Kecamatan Tingkir yang memang masih hijau, masih bersih," kata Henni di sela-sela vaksinasi PMK untuk ternak di areal peternakan milik Kelompok ternak Srimulih.

Nantinya, kata dia, Salatiga'>Salatiga akan kembali mendapat vaksin untuk PMK sebanyak 55 botol untuk 5.500 ekor ternak. Vaksin itu akan segera disuntikkan secepatnya ke hewan ternak.


tags: #salatiga #pmk #salatiga #ternak

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI