Tradisi Jumat Berkah Indonesia Menjalar hingga Madinah

Kegiatan ini membagikan 100 Paket berisi roti, buah, juice dan kurma.

Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:24 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Madinah – Kegiatan Jumat Berkah atau membagikan makanan dan minuman usai Salat Jumat sudah lazim kita temui di masjid-masjid Indonesia. Namun rupanya, tradisi ini juga dapat ditemukan di Madinah saat musim haji tahun ini.

Adapun, yang menggelar kegiatan junat berkah di Madinah ini adalah petugas haji Panitia Penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi sektor 2 Madinah. Kegiatan tersebut dilakukan petugas diarea Masjid Nabawi usai gelaran shalat jum’at.

BERITA TERKAIT:
Israel Minta Penerbangan Langsung ke Saudi untuk Warganya yang Hendak Haji
Tiba di Indonesia, Menag Segera Lapor ke Presiden soal Penyelanggaraan Haji
Rangkaian Ibadah Haji 2022, Mulai dari Mekkah, Arafah, Muzdalifah, Hingga Mina
Mau ke Tanah Suci dengan Jalur Haji Furoda Tahun Depan? Ini Kisaran Harganya 
Biayanya Sampai Ratusan Juta, Apa Saja Fasilitas Haji Furoda? 

Ketua Sektor (Kasektor) 2 Daerah Kerja Madinah Mahmudi Affan Rangkuti mengungkapkan, gelaran kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Sektor 2 Madinah tiap Jum’at dan akan berlanjut pada Jum’at-Jum’at berikutnya dan tidak menutup kemungkinan menggelar kegiatan sosial lainnya.

Affan sapaan akrabnya mengakui, biaya yang dikeluarkan merupakan biaya dari para personal bertugas di Sektor 2 Madinah. Gerakan Jumat Berkah ini, kata Affan bertujuan untuk menumbuhkan Gerakan Saleh Sosial para petugas haji.

"Jumat Kedua dalam Giat Jumat Berkah Sektor 2. Giat ini menggunakan biaya personal untuk Gerakan Saleh Sosial yang lahir dari hati terdalam para Personil Sektor 2. Bismillah berkah," kata Affan melalui pesan singkatnya di Madinah. Jumat (24/06/2022).

Kegiatan ini membagikan 100 Paket berisi roti, buah, juice dan kurma kepada sejumlah jemaah haji baik Jemaah haji Indonesia maupun jemaah haji negara lainnya disekitaran Masjid Nabawi.

“Giat Jumat Berkah 100 Paket berisi roti, buah, juice dan kurma yang kita bagikan keseluruh jemaah haji tidak hanya jemaah Indonesia, jemaah haji negara lain pun kita bagi,” tutur Affan.


tags: #ibadah haji #musim haji #jumat berkah #salat jumat #madinah

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI