Yenny Wahid: Gus Dur Sudah Dikeluarkan Cak Imin dari PKB Sejak 2008 

Yenny menyatakan pernyataannya itu menjadi sejarah yang tidak bisa dihapus dari perjalanan PKB.

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:28 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang biasa disapa Yenny Wahid mengungkapkan bahwa KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur telah dikeluarkan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Muktamar Luar Biasa (MLB) pada 2008 yang lalu. 

Yenny menyatakan pernyataannya itu menjadi sejarah yang tidak bisa dihapus dari perjalanan PKB.

BERITA TERKAIT:
Cak Imin Harap Dirangkul Prabowo di Pemerintahan
Ditanya Kemungkinan Gabung ke Pemerintahan Prabowo-Gibran, Ini Jawaban Anies 
Hadir di Penetapan Prabowo-Gibran, Anies: Ini adalah Proses Bernegara  
Pascapengumuman KPU, Tim Hukum AMIN Resmi Gugat Hasil Pemilu ke MK
Fahri Hamzah Ungkap Setelah Pilpres 2024, Anies-Muhaimin akan Jadi Tersangka

"Saya hanya ingin meluruskan sejarah, di mana saat ini seolah-olah ada upaya menghapuskan sejarah PKB seolah-olah Gus Dur itu masih berada di PKB. Banyak masyarakat yang tidak memahami, bahwa Gus Dur lewat Muktamar [di] Ancol, Gus Dur sebagai pendiri PKB telah dikeluarkan dari PKB," kata Yenny, Senin (27/6).

Yenny menyebut perlu mengungkap kembali sejarah perjalanan PKB untuk pendidikan politik masyarakat. Ia ingin publik bisa belajar untuk mengedepankan etika moral dalam berpolitik.

Menurutnya, tokoh senior PKB yang dikeluarkan dari PKB tak hanya Gus Dur, termasuk dirinya.

"PKB sendiri memang saat ini dikelola dengan sangat berdasarkan paranoid jadi banyak sekali tokoh-tokoh senior PKB, enggak usah bicara soal saya, tokoh-tokoh senior PKB yang dulu mengiringi Gus Dur bahkan menjadi teman-teman Cak Imin sendiri, bahkan dikeluarkan dari partai bukan cuman saya," ujarnya.

Yenny memandang Cak Imin telah menggembok PKB dari dalam. Menurutnya, langkah Cak Imin itu membuat sejumlah tokoh seperti Menko Polhukam Mahfud MD pindah ke parpol lain.

"Ini ibaratnya PKB digembok dari dalam, semua kader-kader senior nggak masuk, semua. Tokoh-tokoh semua Pak Mahfud MD, Pak Ali Masykur, itu banyak sekali tokoh-tokoh yang bahkan sebagian hijrah ke partai lain, tapi hatinya tetap di PKB, cuma ya itu dikunci dari dalam," katanya.

"Kenyataannya itu, sudah 18 tahun, memimpin partai jadi ya kekuasaannya sangat absolut, jadi ini memang bukan sesuatu yang sehat lagi tapi sudah tidak sehat," ujarnya menambahkan.

Menyikapi hal ini Cak Imin memilih menyatakan bahwa hal itu adalah bagian dari masa lalu dan tidak perlu dibahas lagi hari ini. 

"Itu masa lalu lah, enggak perlu dibahas," kata Cak Imin dalam rekaman suara yang diterima, Sabtu (25/6).

***

tags: #muhaimin iskandar #cak imin #yenny wahid #gus dur #pkb

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI