Usai Jalani Pemeriksaan, Roy Suryo Resmi Ditahan Malam Ini

Hari ini merupakan ketiga kalinya Roy Suryo diperiksa sebagai tersangka.

Jumat, 05 Agustus 2022 | 23:04 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta – Roy Suryo resmi ditahan Polda Metro Jaya pada Jumat (5/8/2022) malam atas kasus dugaan penistaan agama. Ia ditahan usai menjalani pemeriksaan sejak pukul 13.00 WIB siang hari tadi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (5/8/2022).

BERITA TERKAIT:
Puluhan Pelaku Balap Liar Kocar-kacir Dibubarkan Polisi
Polda Metro Jaya Tak Halangi Pengungkapan Kasus Tewasnya Brigadir J
Polisi Tangkap Menteri Penerima Zakat Ormas Khilafatul Muslimin
Polisi Ralat Telah Sita Sabu dari Manajer BCL
Ditetapkan Sebagai Tersangka, Roy Suryo Dijerat Sejumlah Pasal

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo Notodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian mulai dilakukan penahanan," kata Zulpan.

Pemeriksaan dilakukan karena penyidik masih memerlukan keterangan tambahan. Ia menepis jika pemeriksaan dilakukan lantaran Roy Suryo melakukan konvoi mobil dalam keadaan sakit.

"Polri ini tidak ada terpengaruh dengan berita-berita itu, tidak ada hubungannya. Jadi kita ini murni penegakan hukum dan dalam rangka proses yang dijalani Roy Suryo. Ini ada beberapa keterangan yang masih diperlukan oleh penyidik. Sehingga dipanggil hari Jumat," tuturnya.

Sebelum Roy Suryo diperiksa, polisi juga sudah memastikan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu dalam keadaan sehat.

Hari ini merupakan ketiga kalinya Roy Suryo diperiksa sebagai tersangka. Pemeriksaan pertama Roy Suryo dilakukan selama 12 jam pada Jumat (22/7). Kemudian, 4 hari berikutnya ia diperiksa kembali selama 9 jam, yakni pada Kamis (26/7).

Dalam kasus ini, Roy Suryo dijerat dengan sejumlah pasal. Dia dijerat mulai dari Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 156A KUHP dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.
 


tags: #polda metro jaya #penistaan agama #roy suryo

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI