Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022

Gelaran KPAB Gojek harus diapresiasi sebagai upaya memotivasi para jurnalis menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik. 

Senin, 08 Agustus 2022 | 19:49 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Gojek, perusahaan penyedia platform on-demand terdepan di Asia Tenggara, kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2022. KPAB merupakan ajang penghargaan karya jurnalistik bagi insan pers di Indonesia.

Gelaran bergengsi di industri teknologi yang masuk tahun ketiga ini pertama kali diadakan pada 2020, dan kali ini menghadirkan empat juri ternama yakni Fira Basuki, Arifin Asydhad, Hermanus Prihatna dan Hendra Suhara.

BERITA TERKAIT:
Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022
Menag Menilai Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Sudah Berjalan Maksimal
10 Fakta Mengapa Bahasa Indonesia Layak Menjadi Bahasa Resmi ASEAN
J&T Express Kini Rambah Pasar Amerika Latin
Militer Indonesia Terkuat Urutan Pertama di Asia Tenggara

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini KPAB 2022 akan menyertakan kategori terbaru yakni Kompetisi Foto KPAB 2022, hasil kerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI). Penambahan kategori ini guna mengapresiasi karya jurnalis foto yang bercerita lewat visual di media massa dan media sosial.

Deputy Chief of Corporate Affairs Gojek, sekaligus Ketua KPAB 2022, Audrey Progastama Petriny, mengatakan kompetisi ini diselenggarakan untuk mengapresiasi karya jurnalistik terbaik yang telah memberikan informasi kepada masyarakat mengenai berbagai program dan kontribusi ekosistem digital dalam pemulihan ekonomi nasional. 

“Kontribusi jurnalis sangat besar dalam memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Berkat dukungan para jurnalis, berbagai program Gojek dalam mendukung masyarakat di tengah pandemi dan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan optimal, serta dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pihak dalam ekosistem kami. Gojek berterima kasih kepada seluruh insan pers yang telah mendukung ekosistem digital dan membangun optimisme di tengah pandemi,” kata Audrey, di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Melalui lomba ini, kata dia, berbagai informasi positif terkait dengan Gojek dalam tulisan maupun foto hasil KPAB 2022 diharapkan juga bisa menginspirasi para pembaca untuk terus mendukung karya anak bangsa dalam membangkitkan geliat ekonomi nasional.

“Selain itu, penghargaan KPAB ini juga digelar sebagai komitmen perusahaan demi mendorong peningkatan kualitas produk jurnalistik di Tanah Air,” ungkapnya.

Lomba feature dan foto ini akan digelar mulai 4 Agustus hingga 31 Oktober 2022 dan semua pemenang akan diumumkan pada 8 Desember 2022. 

Adapun, kata dia, terkait dengan lomba ini, Gojek mempercayakan tiga profesional untuk menjadi juri feature yakni Fira Basuki (novelis dan penulis buku independen), Arifin Asydhad (Ketua Forum Pemimpin Redaksi-Forum Pemred), dan Audrey Petriny sebagai perwakilan Gojek.

Sementara itu, penjurian lomba foto dipercayakan kepada tim jurnalis foto senior dari PFI yakni Hermanus Prihatna dan Hendra Suhara, keduanya pemegang sertifikasi dari Dewan Pers. 

“PFI memberikan apresiasi kepada Gojek yang telah menyelenggarakan KPAB sebagai salah satu platform peningkatan kapasitas jurnalis dalam berkarya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pemantik rekan-rekan pewarta untuk bisa menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi,” kata Sekretaris Jenderal PFI Hendra Eka.

Arifin Asydhad mengatakan gelaran KPAB Gojek harus diapresiasi sebagai upaya memotivasi para jurnalis menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik. 

“Di dalam ekosistem media saat ini yang masih mengedepankan pageview, tulisan feature semakin jarang dihasilkan oleh media. Karena itu, mari  kita sama-sama berkontribusi dalam mengembalikan tulisan dan karya-karya jurnalistik yang semakin berkualitas,” ucapnya.

Fira Basuki juga menyambut baik inisiatif Gojek untuk meningkatkan semangat menulis dari insan pers Indonesia. 

"Saya berharap dengan lomba ini, maka akan terciptanya kembali budaya menulis dan membaca. Masyarakat pun teredukasi dan kembali giat untuk membaca. Saling belajar dan mengisi demi kemajuan diri sendiri dan bersama, tentunya untuk kebaikan bangsa,” kata Fira yang juga penulis novel Cerita di Balik Noda dan Jendela-Jendela ini.


tags: #asia tenggara #gojek #jurnalistik

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI