Kloter Terakhir Jemaah Haji Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air Pagi Tadi 

Jemaah haji yang masih tertinggal di Arab Saudi tetap menjadi tanggung jawab Kemenag.

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:39 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Boyolali – Pemulangan kelompok terbang (kloter) haji Embarkasi Solo ke tanah air telah selesai pada Minggu (14/8/2022) pagi tadi.  Sebanyak 345 jemaah haji yang ikut dalam kloter terakhir yakni kloter 43 telah mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pukul 05.00 WIB.

"Pada hari ini kita menerima kedatangan Kloter terakhir dari Embarkasi Solo, Kloter 43 sebanyak 345 jemaah haji," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, Minggu (14/8/2022).

BERITA TERKAIT:
Lagi, Satu Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air
Satu Jemaah Haji Masih Berjuang Sembuh di Rumah Sakit Arab Saudi
Jemaah Indonesia yang di Rawat di Arab Saudi Dipulangkan ke Tanah Air Secara Bertahap
Jemaah Haji Indonesia yang Wafat di Tanah Suci Jadi 90 Orang
Sebanyak 157 Orang Gagal Haji Tahun Ini, Alasannya Hamil - Sakit

Dijelaskan dia, sampai kepulangan Kloter 43 ini, masih ada satu jemaah yang ditinggal di Arab Saudi. Yaitu jemaah haji dari Kloter 16, karena masih sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi.

"Sampai dengan kloter terakhir ini sudah 15.430 jemaah sudah kita pulangkan. Namun kita masih meninggalkan satu jemaah di Arab Saudi yaitu dari kloter 16, karena masih sakit dan perlu dirawat di sana," jelas Sarip.

Jemaah tersebut bernama Tri Wahyu Sulistyoningsih. jemaah haji asal Kota Semarang itu saat ini masih dirawat di RS Al Noer Makkah.

"Dirawat di RS Al Noer Mekkah. Mudah-mudahan segera sehat. Sakit komplikasi, diabeter melitus (DM), stroke, hipertensi. Memang sudah cukup lama dirawat, kita pantau dan observasi perkembangannya," imbuhnya.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Kantor Urusan Haji (KUH) di Arab Saudi. Terutama untuk kepulangan jemaah haji tersebut jika sudah layak terbang. Selain itu, petugas PPIH Embarkasi Solo juga telah menyampaikan ke keluarga untuk perkembangan kesehatan jemaah.

Lebih lanjut Sarip menjelaskan, sebanyak 20 jemaah haji kloter 44 Embarkasi Solo yang berangkat melalui Jakarta telah tiba di Tanah Air pada 8 Agustus 2022 lalu.

Disampaikan juga, jumlah jemaah haji Embarkasi Solo yang wafat sebanyak 18 orang. Tiga jemaah wafat di Madinah, 14 orang dan Mekkah dan satu jemaah wafat di pesawat saat dalam perjalanan pulang ke Tanah Air.

Sedangkan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief mengatakan hingga kloter terakhir pemulangan jemaah haji, masih ada 11 jemaah haji dari Indonesia yang tertinggal di Arab Saudi karena sakit.

"Yang sakit ada 11 orang jemaah. Tapi itu dijaga oleh petugas kita. Jadi petugas kita masih banyak yang di sana. Termasuk juga yang di Kantor Urusan Haji (KUH). Kemudian kepulangan yang akan ditemani petugas. Tapi harus dipastikan kondisi jamaahnya dalam kondisi fit ya," ujar Hilman Latief di asrama haji Donohudan Boyolali.

jemaah haji yang masih tertinggal di Arab Saudi tetap menjadi tanggung jawab Kemenag, bahkan sampai kepulangan ke rumah. Dia berharap kondisi jamaah haji bisa segera membaik dan kembali berkumpul dengan keluarga. Sementara itu, total jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia ada 89 orang.


tags: #jemaah haji #embarkasi solo #ppih #phu

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI