Kemendag Musnahkan Baju Bekas Impor Senilai Rp9 Miliar 

“Yang dilarang itu kan kegiatan impornya, kalau orang mau jual barang bekas ya diperbolehkan."

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:50 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Bea Cukai melakukan pemusnahan sejumlah baju bekas impor, baru-baru ini. 

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, pada periode Juni-Agustus 2022, Kemendag telah menemukan baju bekas impor ilegal dari negara tetangga sebanyak 750 bal, dengan nilai mencapai Rp 9 miliar.

BERITA TERKAIT:
Ternyata Berbahaya Buat Kulit! Ini Sederet Dampak Negatif Baju Bekas Impor
Kemendag Musnahkan Baju Bekas Impor Senilai Rp9 Miliar 

“Begini lagi marak karena bisa dijual murah ke masyarakat, namun ini kan ilegal. Kalau menurut aturan akan dimusnahkan atau dibakar,” kata Zulhas.

Menurutnya, masuknya baju bekas ilegal ini melalui pelabuhan – pelabuhan kecil, salah satunya pelabuhan Tarakan di Kalimantan Utara.

Hingga saat ini Kemendag juga masih mencari pelaku impor yang melakukan tindakan ilegal ini.

“Ini pelakunya masih kabur, kami masih terus melakukan pendalaman. Ini kayanya orangnya sudah terlatih,” jelas Mendag Zulhas.

Sementara itu, untuk pakaian bekas yang sudah tersebar dipasarkan, Mendag Zulhas menegaskan bahwa berdasarkan aturan tidak ada larangan penjualan terhadap baju bekas

Karena sejauh ini, aturannya adalah larangan mengimpor barang bekas.

“Yang dilarang itu kan kegiatan impornya, kalau orang mau jual barang bekas ya diperbolehkan. Kan banyak ya pasar yang menjual barang bekas. Itu diperbolehkan,” tutur Mendag Zulhas.

Zulhas juga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati – hati kepada barang ilegal. Dia pun akan menggalakkan tindakan tindakan preventif agar barang – barang bekas impor tidak sampai ke pasaran.


tags: #baju bekas #impor #kementerian perdagangan #zulkifli hasan

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI