Sebanyak 157 Orang Gagal Haji Tahun Ini, Alasannya Hamil - Sakit

Melalui pengumuman resmi ada penambahan kuota haji untuk Indonesia dan itu sedang dikaji.

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:28 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali – Sebanyak 157 orang gagal berangkat tahun ini lantaran berbagai alasan, mulai dari dikarenakan sakit hingga hamil. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (PHU Kemenag), Hilman Latief.

"Kami pada musim haji tahun 2022 ini, tidak memberangkatkan 0,17 persen atau sebanyak 157 calon jamaah haji Indonesia yang tidak bisa diberangkatkan karena berbagai faktor. Di antaranya, mereka karena hamil dan sakit," tutu Hilman, Minggu (14/8/2022).

BERITA TERKAIT:
Lagi, Satu Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air
Satu Jemaah Haji Masih Berjuang Sembuh di Rumah Sakit Arab Saudi
Jemaah Indonesia yang di Rawat di Arab Saudi Dipulangkan ke Tanah Air Secara Bertahap
Jemaah Haji Indonesia yang Wafat di Tanah Suci Jadi 90 Orang
Sebanyak 157 Orang Gagal Haji Tahun Ini, Alasannya Hamil - Sakit

Kemudian, Hilman menjelaskan bahwa jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci pada penyelenggaraan haji tahun ini, sebanyak 88 orang dari 13 embarkasi. Kemudian masih ada jemaah haji yang dirawat di Rumah sakit Al Noer Mekah sebanyak 11 orang termasuk satu asal Jateng.

"Kami berharap mudah-mudahan jamaah yang sakit segera sembuh dan disusulkan untuk bertemu dengan keluarga di daerah," harapnya.

Menyinggung soal kuota haji Indonesia pada penyelenggaraan tahun 2023, kata dia, Insya Allah dari pemerintah tetap memperjuangkan bahwa semakin banyak jemaah yang diberangkatkan semakin proporsional, tetapi maksimal itu yang diharapkan.

Menteri Agama sudah mengkomunikasikan masalah tersebut. Pihaknya mengharapkan kuota lebih proporsional, karena jumlah kuota masih 50 persen seperti ini, waktunya akan semakin panjang. Sepertinya, arahnya ke sana bagaimana memperpendek waktunya.

"Insya Allah, melalui pengumuman resmi ada penambahan kuota haji untuk Indonesia dan itu sedang dikaji," tukasnya.


tags: #jemaah haji #gagal berangkat #hilman latief #kemenag

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI