Ketua KPU RI Ajak Mahasiswa FH Undip Miliki Tiga Soft Skill untuk Bekerja di Bidang Hukum

Selama masa studi, mahasiswa harus benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk melatih soft skill.

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:10 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Sebagai mahasiswa Fakultas Hukum, dituntut harus memiliki tiga soft skill. Sebab, setelah lulus kuliah, mahasiswa akan bekerja di banyak bidang dan berkaitan dengan publik.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari saat memberikan kuliah umum kepada 891 mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) Semarang, pada Senin (15/8/2022). Kuliah umum digelar dalam rangkaian pengenalan kampus. 

BERITA TERKAIT:
Verifikasi Administrasi, KPU Jateng Temukan 1.059 Data Ganda Parpol
Ketua KPU RI Ajak Mahasiswa FH Undip Miliki Tiga Soft Skill untuk Bekerja di Bidang Hukum
Hari Ini, Presiden Jokowi Terima Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027
Tujuh Hari Menjelang Pilkada, Warga Diimbau Tak Takut Datang Nyoblos
KPU Gelar Debat Terbuka Antar Paslon di Sukorharjo

Hasyim menjelaskan mahasiswa hukum harus memiliki kemampuan soft skill. Sebab kerja di profesi hukum, hampir semuanya berkaitan dengan penegakkan hukum atau pembuatahn hukum.

“Maka harus ada soft skill yang dimiliki. Pertama, memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif. Ini penting. Karena, ketika hendak membuat keputusan atau regulasi jelas butuh pikiran yang kritis, logis dan kreatif,” kata Hasyim.

Soft Skill Kedua, mahasiswa juga dituntut harus punya kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum.

“Sehari-hari, seseorang yang bekerja di bidang hukum, selalu ketemu orang. Maka harus punya kemampuan public speaking,” jelas dia yang juga dosen FH Undip sejak 1998 itu.

Ketiga, harus memiliki kemampuan. Pekerja di bidang hukum, kata dia, sangat erat dengan menulis. 

“Jadi polisi bikin berita acara pemeriksaan, menulis. Jadi pengacara, juga menulis pembelaan. Jadi jaksa, bikin dakwaan juga menulis, jadi hakim bikin vonis juga nulis dan lain lain. Semuanya nulis,” terangnya.

Oleh karena itu, selama masa studi, mahasiswa harus benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk melatih soft skill.

“Manfaatkanlah perpusatakaan, membangun relasi dengan senior-senior dan dosennya. Ini agar wawasan jadi luas,” tegasnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Dr Tri Laksmi Indreswari SH MH mengatakan, secara tidak langsung pihaknya juga ingin menyampaikan kepada mahasiswa baru bahwa lulusan FH Undip menempati posisi strategis.

“Sebenarnya kita meminta pak Hasyim memberi materi karena beliau dosen Undip tapi kebetulan juga ketua KPU RI. Selain itu beliau adalah lulusan Undip. Jadi kita ingi beritahu ke mahasiswa, ini lho lulusan Undip menempati posisi strategis,” tandas dia.


tags: #komisi pemilihan umum #universitas diponegoro #fakultas hukum #mahasiswa

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI