Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Silaturahi ke Sri Sultan Hamengku Buwono X

Di akhir kunjungan audiensi dan Silaturahmi tersebut, Kamal memberikan Cinderamata replika berupa Hely Douphin Basarnas.

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 11:46 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Yogyakarta- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi, SE melaksanakan audiensi dan melakukan silaturahmi ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Wilis Komplek Kepatihan DIY, Jumat (19/8/2023).

Kamal Riswandi, pada kegiatan itu didampingi oleh Kepala Urusan Umum Oki Satriojati, SH, MSc, Kasubsi Operasi dan Siaga Asnawi Suroso, SIkom, MM dan Kasubsi Sumberdaya Mujiono.

BERITA TERKAIT:
Tim SAR Gabungan Masih Cari Pemuda yang Hilang Terseret Arus Sungai Progo
Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Silaturahi ke Sri Sultan Hamengku Buwono X
Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo, Mobil Ringsek Satu Korban Terjepit
Seorang Warga Kulonprogo Ditemukan Tewas di Dalam Sumur
Tim SAR Gabungan Evakuasi Mayat di Bendungan Kamijoro

Kunjungan Audiensi dan silaturahmi ini sekaligus menjadi rangkaian perkenalan diri Kamal sebagai Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta yang baru. 

Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat acara audiensi didampingi Kalak BPBD DIY Drs Biwara Yuswantana, MSi. Dalam sambutannya Raja Yogyakarta itu menyampaikan ucapan Selamat bertugas Di DIY untuk Kamal.

"DIY ini banyak sekali potensi-Potensi Bencana alam seperti Gunung meletus,Gempa bumi, tsunami dan masih banyak lagi potensi bencana yg ada di DIY ini," ucapnya Sri Sultan.

Sri Sultan Hamengku Buwono X juga berharap Tim Basarnas Yogyakarta dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam merancang Standart Operating Procedur (SOP) baku sebagai acuan Tim Search and Rescue (SAR) dalam Penanganan dan Penanggulangan Bencana. 

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan SOP penanganan kebencanaan di wilayah Yogyakarta, leading sector nya adalah Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta.

Sri Sultan berharap Kantor Basarnas Yogyakarta untuk selalu meningkatkan Kesiapsiaagaan dan Quick Response SAR apabila terjadi bencana serta korban bencana dapat tertangani dengan baik oleh tim SAR yang kompeten di bidangnya.

"DIY ini kan banyak sekali Relawan-relawan penggiat kemanusian yang selalu hadir dan membantu ketika ada bencana, saya harapkan Jika Basarnas Yogyakarta yang akan menjadi leading sektor dalam Cluster Pencarian dan pertolongan berkolaborasi dengan BPBD DIY Merancang SOP baku di Tingkat Provinsi sebagai Acuan Tim SAR Relawan-relawan di DIY ini tau tugasnya apa,Prosedurnya seperti apa jika melaksanakan Operasi SAR paling tidak mengurangi Resiko Yang membahayakan Jiwa mereka," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kamal verharap kegiatan mampu mempererat Kordinasi dengan Pemerintah Provinsi DIY dalam memberika  Jasa pelayanan SAR yang selama ini sudah berjalan sangat baik. "Kami akan terus berkordinasi, dengan Pemerintah Propinsi DIY serta Seluruh Stekholder di DIY dalam misi-misi Operasi SAR yang kami laksanakan," imbuh Kamal Riswandi.

Kamal Riswandi juga menyampaikan jika Basarnas mempunyai Program SAR GOES TO SCHOOL, yaitu pengenalan SAR sejak usia dini kepada para siswa sekolah maupun mahasiswa. 

SAR Goes to School ini mempunyai tingkatan-tingkatan di mulai dari Tingkat TK, SD, SMP, SMA, serta perguruan tinggi. "Program SAR Goes to School ini, para siswa diajarkan bagaimana yang harus dilakukan jika ada gempa, jika berada di air kita harus memakai alat safety yang terapung seperti lifejacket, lifest dan benda apung lainnya. Selain itu juga di kenalkan dan dijelaskan kegunaannya peralatan SAR milik Basarnas dan digunakan Basarnas dalam pelaksanaan operasi SAR," jelas Kamal.

"Serta untuk meningkatkan Quick Respon SAR, saat ini sedang dalam proses pembentukan Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan di wilayah sleman, personil dan alut beserta peralatan akan ditempatkan disana, sehingga apabila terjadi bencana gunung merapi kami dapat cepat tanggap untuk menangani," tambah Kamal.

Di akhir kunjungan audiensi dan silaturahmi tersebut, Kamal memberikan Cinderamata replika berupa Hely Douphin Basarnas, Hely Douphin merupakan salah satu alat utama udara yang dimiliki Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR. Setelah memberikan Cinderamata Sebagai penutup Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta dan jajaran berfoto bersama dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

***

tags: #basarnas yogyakarta #sri sultan hamengku buwono x #silaturahmi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI