Dieng Diguncang Gempa, Wisatawan Berhamburan Keluar Homestay

Kepala Stageof Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo menjelaskan, telah terjadi gempa tektonik yang memiliki parameter dengan magnitudo 3,1.

Minggu, 04 September 2022 | 10:28 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Wonosobo - Gempa terjadi di Wilayah Dieng pada pukul 04.10 WIB, Minggu pagi (4/9). Karena Gempa tersebut wisatawan yang mengikuti perhelatan Dieng Culture Festival (DCF) kaget dan berlarian keluar dari homestay. 

Kepala Stageof Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo menjelaskan, telah terjadi Gempa tektonik yang memiliki parameter dengan magnitudo 3,1. Pusat titik Gempa bumi berada di Wonosobo, Jawa Tengah.

BERITA TERKAIT:
Andalkan Google Maps, Mau ke Dieng, Wisatawan Tersesat di Kebun Teh
Penataan Kawasan Wisata Dieng akan Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Viral Tanaman Kubis Beku Diselimuti Es di Wonosobo, Capai Titik Terdingin  
Dataran Tinggi Dieng Kembali Diguncang Gempa Pagi Ini
Gempa Bumi Tektonil M 1.9 Baru Saja Guncang Batur dan Dieng, Ini yang Dirasakan Warga

"Hasil analisis BMKG menunjukkan Gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 3.1 Episenter Gempa bumi terletak di koordinat 7,22° LS; 109,89° BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Barat laut Wonosobo, Jawa Tengah pada kedalaman 9 km," jelasnya melalui keterangan tertulis, Minggu (4/9/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar lokal.

Akibatnya, guncangan Gempa bumi dapat dirasakan di sekitar daerah Dieng, kepakisan, Karangtengah, pekasiran, Bitingan dan dusun pranten kecamatan Bawang Kabupaten Batang.

Getaran Gempa bumi pagi ini langsung bisa dirasakan. Selain itu, sejumlah benda yang digantung juga bergoyang. Meski begitu, hingga berita ini ditayangkan, belum didapati laporan adanya kerusakan.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat Gempa bumi tersebut," paparnya.

Pihaknya kemudian melakukan pantauan sebagai antisipasi jika terjadi Gempa susulan.

"Hingga pukul 05.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempa bumi susulan, aftershock," jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang. Terlebih saat ini sedang banyak wisatawan yang berada di Dieng untuk mengikuti rangkaian DCF 2022. Jika terjadi Gempa, segera menghindar dari bangunan yang retak atau yang mudah rusak. Sedangkan bagi warga setempat, pastikan bangunan tempat tinggal sudah tahan guncangan gempabumi.

"Tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh Gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan Gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran Gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," terangnya.

***

tags: #dieng #gempa #dieng culture festival #wisatawan #banjarnegara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI