Penyerahan Kupon Gratis Doorprize Jalan Sehat Gebyar Songsong  Muktamar 48 Muhammadiyah

Penyerahan Kupon Gratis Doorprize Jalan Sehat Gebyar Songsong Muktamar 48 Muhammadiyah

Ketua PWM Jateng: Agama Apapun Dipersilakan Ikut Jalan Sehat 11 September Songsong Muktamar Muhammadiyah

Pihak panitia mengimbau para peserta untuk membawa botol minum masing-masing serta menyediakan galon air di lokasi acara. 

Rabu, 07 September 2022 | 12:10 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, MAg menyatakan jalan sehat yang digelar pada 11 September 2022 mendatang dalam rangka gebyar Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke-48 boleh diikuti oleh semua lapisan masyarakat, apapun agamanya. 

Pernyataan tersebut disampaikan Tafsir dalam konferensi pers persiapan jalan sehat gebyar Muktamar yang digelar di kantor PWM Jateng, Jalan Singosari No 33 Kota Semarang, Selasa (6/9/2022).

BERITA TERKAIT:
Universitas Paramadina Gelar Muktamar Pemikiran Cak Nur
Jadi Bacapres PKB, Muhaimin Iskandar Dipingit
Dua Kejadian: Memalukan dan Memilukan
Hasil Muktamar: Haedar Nashir Terpilih Jadi Ketum Muhammadiyah Periode 2022-2027
13 Nama Anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2022-2027

"Acara jalan sehat ini boleh diikuti oleh siapa saja. Tidak hanya warga Muhammadiyah saja, tapi semua lapisan masyarakat boleh ikut, apapun agama dan etnisnya," ujar Tafsir.

Ia juga menjelaskan bahwa jalan sehat ini akan diselenggarakan secara serentak di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah dengan total peserta mencapai 350.000 orang. Sementara di Kota Semarang, target pesertanya berjumlah 25.000 orang.

Tafsir menambahkan untuk seremoni pelepasan peserta sendiri akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. bertempat di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah. Lokasi tersebut juga sekaligus menjadi titik awal pemberangkatan peserta dan titik akhir jalan sehat.

Dengan jarak sejauh kurang lebih 4 km, rute jalan sehat yang harus ditempuh oleh peserta di Semarang yakni dimulai dari halaman kantor Gubernur Jateng, ke Jalan Pahlawan, kemudian ke Jalan Sriwijaya, Jalan Singosari Raya, Jalan Admodirono, Jalan Ahmad Yani, Simpang Lima, Jalan Pahlawan dan berakhir kembali di halaman kantor Gubernur Jateng.

Sementara itu, untuk peserta jalan sehat di Kota Semarang yang digawangi PWM Jateng dan PDM kota Semarang, hadiahnya berupa 4 tiket ibadah umroh gratis dari total 38 paket untuk seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, 3 sepeda motor, beasiswa pendidikan untuk 5 orang program pendidikan S1 di Institut Teknologi Statistika dan Bisnis (ITESA) Muhammadiyah Semarang, juga doorprize menarik berupa puluhan kulkas, mesin cuci, kompor gas, dan lain-lain.

"Jika hadiah umrah didapatkan peserta non muslim, dapat ditukarkan dengan uang, atau boleh dipakai untuk ziarah ke Yerussalem senilai umrah," lanjut Tafsir.

Dalam acara jalan sehat tersebut, pihak penyelenggara juga menggaungkan slogan Zero Sampah dan Green Muktamar dengan tujuan menjaga agar lokasi kegiatan tetap bersih dari sampah. Mendukung program tersebut, pihak panitia mengimbau para peserta untuk membawa botol minum masing-masing serta menyediakan galon air di lokasi acara. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jateng Dr. Hj. Umul Baroroh, MAg. Ia menuturkan bahwa Muhammadiyah juga akan menerjunkan seluruh anggota organisasi otonom (ortom) seperti Hisbul Waton dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) untuk mendukung program zero sampah dalam kegiatan jalan sehat ini.

"Kami punya tim relawan yang peduli sampah. Kami juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota dan juga Provinsi, bagaimana kami bisa memberi contoh GMPS (Gerakan Muhammadiyah Bebas Sampah), itu akan kami lakukan, mudah-mudahan bisa sukses," ujar Umul dalam konferesi pers yang digelar di gedung PWM Jateng lantai dua itu.

Dr. H. Karnadi Hasan, MPd. selaku Ketua Panitia Gebyar Muktamar tingkat Jateng menyampaikan bahwa hingga saat ini persiapan yang sudah dilakukan panitia sudah matang.

"Sejauh ini persiapannya sudah matang termasuk pengamanan sepanjang rute jalan sehat. Kami sudah bekerja sama dengan Polrestabes Kota Semarang dan Dinas Lingkungan Hidup," katanya menyebutkan tagar #JalanSehat48 sebagai penanda kegiatan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah.

Lenih lanjut, Hasan menyampaikan tempat pendaftaran sekaligus pengambilan kupon jalan sehat di kota Semarang dipusatkan di dua tempat, yakni Kantor LazisMU Kota Semarang (Jl. Wonodri Baru Kompleks Masjid at-Taqwa RS. Roemani PKU Muhammadiyah) dan Kantor LazisMU Jawa Tengah (Jl. Singosari Raya 33). Pendaftaran peserta dibuka sejak 1 September lalu hingga 8 September mendatang dengan syarat menyerahkan salinan kartu identitas. 

***

tags: #muktamar #muhammadiyah #jalan sehat #aisyiyah #pwm jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI