Masjid Noori yang muncul kembali | KMS media

Masjid Noori yang muncul kembali | KMS media

VIRAL, Masjid yang Tenggelam 37 Tahun Muncul Lagi dan Utuh

Ini kuasa Tuhan, masjid yang tenggelam 37 tahun muncul kembali. Masih bisa digunakan?

Senin, 19 September 2022 | 08:54 WIB - Ragam
Penulis: Penaka Kemalatedja . Editor: Kuaka

KUASAKATACOM, SEMARANGMasjid Noori muncul utuh setelah 37 tahun tenggelam di dasar bendungan Phulwaria, di distrik Newada, negara bagian Bihar, India. Media lokal melaporkan masjid itu muncul dalam kondisi utuh ketika bendungan Phulwaria mengering. Peristiwa ini membuat masyarakat kaget.

Mengutip media lokal Khasmir media Service (KMS), Newsweek mengatakan penduduk setempat menyebut rumah ibadah yang tenggelam 37 tahun itu sebagai Masjid Noori. Masjid itu mulai tenggelam saat pembangunan bendungan Phulwaria di tahun 1985. Namun kemunculannya kembali karena kekeringan, apalagi dalam kondisi utuh, membuat masyarakat percaya pada keajaiban. Apalagi, gambar-gambar yang beredar menunjukkan masjid itu naik 30 kaki lebih tinggi dari pondasinya, dan masih kokoh, dengan tiga pintu masuk bergapura di bawahnya.

BERITA TERKAIT:
VIRAL, Masjid yang Tenggelam 37 Tahun Muncul Lagi dan Utuh

The Leader Hindi menuliskan, bendungan Phulwaria memang mengubur masjid itu dengan air, yang digunakan untuk memasok air bersih ke desa-desa dan juga untuk mengaliri pertanian. Namun, tak ada yang menduga, pembangunan itu menyebabkan air permukaan menaik, dan membuat penduduk terpaksa pindah lokasi, meninggalkan masjid yang selama ini menjadi rumah ibadah mereka.

Beberapa warga menceritakan sering melihat kubah masjid yang muncul jika air di bendungan tengah surut. Namun, kemunculan yang tiba-tiba ini karena kekeringan, membuat masuyarakat datang berduyun-duyun, melihat masjid itu dari dekat. Dan meski penuh lumpur dan basah, masjid itu benar-benar utuh dan kokoh padahal terendam terus sepanjang 37 tahun.

Kemunculan Masjid Noori yang utuh itu pun memancing perhatian para ahli. beberapa ahli yakin, berdasarkan arsitekturnya, diperkirakan masjid itu dibangun di awal tahun 1900-an, dan mungkin berusia 120 tahun. Kesimpulan tersebut diambil setelah melihat arsitektur kubah masjid yang jauh lebih tajam dalam penampilan dan perbaikan pada kubah yang dibangun pada masa Mughal terakhir. Namun, beberapa ahli juga berpendapat usia masjid tidak setua itu.

Kini, perdebatan bukan saja tentang usia dan masa lalu Masjid Noori, tapi juga masa depannya. Belum ada keputusan dari pemerintah setempat bagaimana nasib Masjid Noori selanjutnya. Apakah akan dipindahkan ke tempat lain, atau dibiarkan kembali tenggelam ketika air di bendungan meninggi lagi.


tags: #masjid noori #viral

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI