Wakil Presiden Maruf Amin saat meresmikan empat sarana perkuliahan Unwahas Semarang di Kecamatan Gunungpati, Kamis (22/9/2022). (Foto: Humas Sekretariat Wapres RI)

Wakil Presiden Maruf Amin saat meresmikan empat sarana perkuliahan Unwahas Semarang di Kecamatan Gunungpati, Kamis (22/9/2022). (Foto: Humas Sekretariat Wapres RI)

Wapres Maruf Amin Resmikan Empat Sarana Perkuliahan di Unwahas Semarang

Adanya pembangunan sejumlah gedung baru ini sebagai langkah Yayasan Wahid Hasyim untuk memajukan Unwahas Semarang.

Kamis, 22 September 2022 | 18:43 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Maruf Amin meresmikan empat sarana perkuliahan di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, pada Kamis (22/9). Empat sarana itu yakni Gedung Gedung Fakultas Farmasi, Sport Centre, Rumah Sakit Wahid Hasyim (RSWH) dan Gedung Fakultas Teknik.

Empat gedung baru ini berada di Jalan Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati Semarang.

BERITA TERKAIT:
Bertolak ke Jepang, Wapres Maruf Amin akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe
Terang-terangan Minta Dilamar Puan, Cak Imin: Minimal Jadi Wakil Presiden 
Gus Yasin Harap Masjid Baiturahman Semarang Jadi Tempat Fasilitas Konsultasi Keluarga Sakinah
Resmikan Masjid Baiturahman Semarang, Ini Pesan Maruf Amin
Wapres Maruf Amin Resmikan Empat Sarana Perkuliahan di Unwahas Semarang

Peresmian ini ditandai dengan Maruf Amin menandatangani prasasti. Ia hadir didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Rektor Unwahas Semarang Prof Mudzakkir Ali dan lain lain. 

Ma’ruf Amin mengaku menyambut baik adanya fasilitas tambahan untuk menunjang perkuliahan. “Ini sebagai bentuk kontribusi Unwahas Semarang kepada masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan,” kata Maruf Amin.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan sejumlah gedung baru ini sebagai langkah Yayasan Wahid Hasyim untuk memajukan Unwahas Semarang.

“Insfrastruktur di bidang pendidikan dan kesehatan yang memadahi menjadi salah satu kunci katalisasi peningkatan sumber daya manusia di Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya sarana baru ini, masyarakat bisa mendapat akses terhadap bidang kesehatan dan pendidikan. Dia juga berharap adanya peresmian ini, tak hanya sekedar seremoni. Dia meminta Unwahas Semarang agar tak lelah menciptakan Inovasi dan gagasan. 

Sementara, Rektor Unwahas Semarang Prof Mudzakkir Ali mengatakan sarana perkuliahan ini berdiri diatas lahan seluas 25 hektare.

“Kalau soal kita pilih di Gunungpati karena masih banyak lahan kosong dan bisa luas. Karena kalau di wilayah kota kan pasti kecil dan sempit,” kata Mudzakkir usai acara.

Ia menjelaskan Gedung Fakultas Farmasi telah dimulai pembangunannya sejak Januari 2022. Fakultas ini menempati lahan seluas 11.388 meter persegi. Luasan lahan tersebut sepenuhnya akan digunakan untuk kegiatan praktek dan pembelajaran Fakultas Farmasi yang terdiri dari 3 lantai dengan 11 laboratorium, 14 kelas, dan perkantoran. 

Di Lahan itu pula, kata dia, pihaknya juga menyiapkan lahan seluas dua hektar untuk pembangunan pusat olahraga Mahasiswa (sport centre). Diatas lahan seluas itu akan dibangun berbagai fasilitas olahraga indoor dan outdoor bertaraf Internasional dengan desain yang sudah diverifikasi kelayakannya oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. 

“Unwahas Semarang juga telah menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit tipe D. Selain diperuntukkan bagi masyarakat umum, kehadiran fasilitas kesehatan tersebut untuk mendukung perkuliahan Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Keberadaan RSWH merupakan bagian dari rangkaian panjang cita-cita para kiai NU di Jateng untuk memiliki berbagai fasilitas layanan pendidikan, kesehatan, dakwah, dan sebagainya yang didedikasikan untuk masyarakat," ucapnya. 

"RSWH juga disiapkan menjadi Pusat Informasi Kesehatan  Masyarakat (PIKM) yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin mengetahui berbagai informasi tentang kesehatan, sekaligus untuk menangkal informasi hoaks perihal kesehatan yang membingungkan masyarakat,” tandas dia.


tags: #wakil presiden #maruf amin #universitas wahid hasyim #perkuliahan #rumah sakit

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI