KPID Jateng Sambut Baik Pemberlakuan ASO di Semarang dan Sekitarnya

Karena hal tersebut, lanjut Aulia, Semarang dan sekitarnya sudah memenuhi syarat untuk memberlakukan ASO.

Kamis, 01 Desember 2022 | 20:35 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Berdasarkan Pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Analog Switch Off (ASO) di Semarang dan sekitarnya akan dilakukan pada Jumat (2/12) mulai tengah malam nanti. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah pun menyambut baik pelaksanaan ASO tahap II ini. 

Ketua KPID Jateng Muhammad Aulia Assyahiddin mengatakan pelaksanaan ASO tahap II di Semarang dan sekitarnya ini sudah melalui tahap koordinasi dengan para stakeholder terkait aspek keamanan dan vendor Set Top Box (STB) soal ketersediaan alat tersebut. 

BERITA TERKAIT:
Jelang Pungutan Suara, Menkominfo Ajak Masyarakat Tangkal Hoax
Heboh Jokowi Fasih Pidato Pakai Bahasa Mandarin, Kemenkominfo Pastikan Itu Hoaks: Disunting Pakai AI Deepfake
Aplikasi Srikandi Pemkab Klaten Raih Juara I Penghargaan Kemenkominfo RI
Buntut Kasus Rumah Produksi Film Dewasa, Kominfo Blokir Tiga Website Pornografi
HUB.ID Accelerator Telah Dapatkan 25 Startup Terbaik dan Lolos Kurasi

"Dan yang terpenting penyaluran bantuan STB untuk rumah tangga miskin di wilayah siaran 1, Semarang dan sekitarnya itu sudah mencapai 100 % dari angka yang dibagikan," kata Aulia kepada KUASAKATACOM, Kamis (1/12/2022). 

Karena hal tersebut, lanjut Aulia, Semarang dan sekitarnya sudah memenuhi syarat untuk memberlakukan ASO. Meski begitu, tidak semua daerah yang termasuk wilayah siar 1 siap diberlakukan ASO

"Kalau wilayah siar 1 di Jawa Tengah itu mencakup Semarang, Purwodadi, Sragen, Kudus, Demak, tapi untuk ASO yang siap 100 persen diberlakukan itu di Semarang," sambungnya. 

"Jadi pemberlakuan ASO tahap II ini yang dipilih hanya kota-kota yang dianggap secara penyebaran dan ketersediaan STB sudah dianggap mampu," ujar Aulia. 

Lebih lanjut, terkait bantuan STB untuk rumah tangga miskin di wilayah siar 1 Jawa Tengah, ada sebanyak 193.824 STB. Dari angka tersebut, yang sudah diterima yaitu sebanyak 186.979. Selisih 6.845 STB itu menurut Aulia lantaran gagal diserahkan. 

"Jadi mungkin penerima tidak di tempat, alamat salah, atau penerima ternyata keluarga mampu. Jadi ada 6000 lebih yang ditarik ulang karena tidak sesuai dengan peruntukkan," tandasnya.

***

tags: #kemenkominfo #kpid jateng #semarang #stb #aso

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI