ASO Tahap II di Wilayah Siar 1 Jateng Diberlakukan

Untuk diketahui, Kota Semarang termasuk ke dalam wilayah siar 1 Jawa Tengah.

Kamis, 01 Desember 2022 | 21:16 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan Analog Switch Off (ASO) tahap II akan diberlakukan pada Jumat (2/12/2022) mulai tengah malam nanti. Salah satu dari 5 kota besar yang akan melakukan ASO tahap II ini adalah Semarang

Untuk diketahui, Kota Semarang termasuk ke dalam wilayah siar 1 Jawa Tengah. Namun, tidak semua daerah yang termasuk wilayah siar 1, sebenarnya, diberlakukan ASO.

BERITA TERKAIT:
Satgas Pangan Polri Pastikan Ketersediaan Beras di Jateng-DIY Aman
Nurkholis Kembali Pimpin AMSI Jateng
Tingkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Media, AMSI Adakan Diskusi Trustworthy
FPR Jateng Berkomitmen Lindungi Lahan Pangan dan Kawasan Industri
Desa-desa di Kendal Ini Rawan Narkoba, Ini Kata BNN

"Kalau wilayah siar 1 di Jawa Tengah itu mencakup Semarang, Purwodadi, Sragen, Kudus, Demak. Tapi yang sangat siap dengan ASO, 100%, mungkin hanya Semarang," kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Muhammad Aulia Assyahiddin, Kamis (1/12/2022).

"Jadi pemberlakuan ASO tahap II ini yang dipilih hanya kota-kota yang dianggap secara penyebaran dan ketersediaan STB sudah dianggap mampu," lanjut Aulia.

Sementara itu, menyoal bantuan STB untuk rumah tangga miskin di wilayah siar 1 Jawa Tengah, ada sebanyak 193.824 STB. Dari angka tersebut, yang sudah diterima yaitu sebanyak 186.979. Selisih 6.845 STB itu menurut Aulia lantaran gagal diserahkan.

"Jadi mungkin penerima tidak di tempat, alamat salah, atau penerima ternyata keluarga mampu. Jadi ada 6000 lebih yang ditarik ulang karena tidak sesuai dengan peruntukkan," tandasnya.

Seperti diketahui, Kemenkominfo telah mengumumkan jika penghentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap II akan diberlakukan mulai Jumat, 2 Desember 2022  pada tengah malam nanti.

Sejumlah kota besar di Indonesia yang akan melakukan ASO yakni Bandung, Batam, Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang.

***

tags: #jawa tengah #kpid jateng #semarang #stb #aso

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI