Pemerintah Jadi Tidak Bagi-bagi Rice Cooker? Sri Mulyani Bilang Begini 

"Nanti kami diskusikan sama Kementerian ESDM di DIPA-nya ada atau enggak, bagaimana bentuknya, begitu ya," ujar Sri Mulyani

Sabtu, 03 Desember 2022 | 19:29 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Pemerintah beberapa waktu terakhir menghembuskan wacana bagi-bagi rice cooker gratis kepada masyarakat miskin di tahun 2023 mendatang. 

Kementerian ESDM pun mengusulkan anggaran untuk program ini mencapai Rp 300 miliar. Terkait rencana tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran untuk program bagi-bagi rice cooker masih perlu dibahas lebih lanjut. 

BERITA TERKAIT:
Bea Cukai harus Berbenah Setelah Tiga Kasus Viral Ini, Sri Mulyani Sampai Geram 
Pendapatan Negara Kuartal I-2024 Capai Rp620,01 T di Tengah Konflik Iran-Israel, Sri Mulyani: Cukup Baik tapi Harus Waspada
Dolar Menguat Sampai Rp16.250, Apa Kata Sri Mulyani? 
THR untuk 625.112 ASN Pusat Sudah Cair, ASN Daerah Menyusul 
Airlangga Hartarto dan Ari Dwipayana Bantah Isu Sri Mulyani Mundur dari KIM

Pihaknya akan berdiskusi lebih dulu dengan Kementerian ESDM untuk melihat apakah program itu sudah ada atau belum di dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

"Nanti kami diskusikan sama Kementerian ESDM di DIPA-nya ada atau enggak, bagaimana bentuknya, begitu ya," ujar Sri Mulyani di Hotel Borobudur, Jakarta, belum lama ini. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, program bagi-bagi rice cooker dimaksudkan untuk mendorong konsumsi listrik dan percepatan implementasi energi bersih. Ia memastikan, penerima program bagi-bagi rice cooker merupakan masyarakat miskin, nam

“Ini untuk masyarakat umum, rice cooker ini kan tidak terlalu tinggi listriknya. Pastinya yang akan diberikan adalah masyarakat yang pantas menerima. Bukan orang kaya, sekarang program ini masih dipersiapkan,” kata dia saat ditemui di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022). 

Lebih lanjut, Dadan mengatakan, pembagian paket bantuan rice cooker belum final. Pihaknya masih menunggu persetujuan anggaran dari Kemenkeu dan keputusan harga rice cooker yang akan dibagikan. 

"Rp 300 miliar (untuk pengajuan anggaran di tahun depan). Tapi ini anggarannya belum disetujui oleh Kementerian Keuangan,” ucapnya.

***

tags: #menteri keuangan #sri mulyani #menteri esdm #bagi-bagi rice cooker

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI