Masjid Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Misa Natal, Gereja Katedral Ucapkan Terimakasih 

Hal itu baginya merupakan suatu dukungan dan bentuk eratnya ikatan persaudaraan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. 

Senin, 26 Desember 2022 | 14:06 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Wadie menyatakan apresiasi dan terimakasih kepada pengelola dan Imam Besar Masjid Istiqlal karena telah menyediakan lahan parkir bagi jemaat selama misa Natal

Hal itu baginya merupakan suatu dukungan dan bentuk eratnya ikatan persaudaraan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

BERITA TERKAIT:
Ganjar Sampaikan Pesan Persatuan di Perayaan Nataru: Kita Saudara dalam Kemanusiaan
Arus Balik Nataru, Wakapolda Jateng: One Way dan Contra Flow Belum Perlu
Grobogan Jadi Daerah Tertinggi Konsumsi BBM Selama Libur Natal 2023 
Natal, 19 Napi Rutan Salatiga Terima Remisi
Natal, Santa Claus Bagi-Bagi Hadiah untuk Keluarga Napi di Lapas Semarang

"Kami mewakili Gereja Katedral dan juga Keuskupan Agung Jakarta menghaturkan banyak terima kasih atas segala atensi dan juga dukungan dari imam besar dan teman-teman dari badan pengelola Masjid Istiqlal," kata Susyana di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (25/12).

Susyana mengatakan Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir untuk jemaat Gereja Katedral dengan kapasitas 700 hingga 800 kendaraan.

Lokasi Masjid Istiqlal yang begitu dekat sangat memudahkan para jemaat menuju ke Gereja Katedral untuk melaksanakan ibadah Natal.

Ia menyebut dukungan dari Masjid Istiqlal dengan menyediakan lahan parkir bagi jemaat gereja telah berlangsung sejak lama. Bahkan, sebelum Masjid Istiqlal direnovasi pada 2019 lalu.

"Memang sejak dahulu sebelum Istiqlal direnovasi pun, kami juga sudah diberikan tempat setiap kali ada perayaan besar, karena kami harus mendirikan tenda. Jadi kami tidak punya lagi lahan parkir," ujarnya.

Sebanyak 1.600 umat Katolik mengikuti Misa Natal Pontifikal secara langsung di Gereja Katedral pagi ini. Jumlah itu lebih sedikit dari misa malam Natal yang mencapai 2.500 jemaat.

Misa yang digelar secara hybrid ini dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. Jemaat gereja yang mengikuti misa secara tatap muka telah berdatangan sejak sekitar pukul 07.30 WIB.

"Kurang lebih tadi dipantau 1600-an. Berbeda dengan tadi malam. Kalau tadi malam itu cukup penuh hampir 2500-2600 dengan kursi cadangan," kata Susyana.

Gereja Katedral Jakarta menyelenggarakan ibadah Misa Natal secara hybrid pada tahun ini. Ibadah Misa malam Natal dan Misa Natal digelar pada 24 dan 25 Desember 2022.

Pada hari ini, misa pertama digelar pada 08.30 WIB secara hybrid. Dilanjutkan pada pukul 11.00 WIB untuk anak-anak dan berakhir pada 17.00 secara hybrid.

Gereja Katedral Jakarta menyatakan ibadah Natal tahun 2022 bisa menampung hingga 2.500 jemaat dalam satu sesi misa Natal. Jumlah itu merupakan 50 persen dari kapasitas ruangan dan halaman gereja.

***

tags: #natal #gereja katedral #masjid istiqlal

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI