Meski PPKM Berakhir, Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Pakai Masker 

Meski begitu Jokowi mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker ketika beraktifitas di luar demi mewaspadai penyebaran Covid-19.

Sabtu, 31 Desember 2022 | 07:16 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah mengakhiri kebijakan Pemberlakuan Pembatasn Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Jumat (30/12). Dengan begitu mobilisasi masyarakat kini tak lagi diatur. 

"Pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022, jadi tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta.

BERITA TERKAIT:
Presiden Jokowi Sahkan Perpres Publisher Rights
Hadiri Puncak HPN 2024, Nana Sudjana Berharap Pers Jateng Jaga Independensi dan Profesionalitas
Rabu Siang, Jokowi Bakal Lantik AHY Jadi Menteri ATR
Perpres Publishers Rights Diharapkan AMSI Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik
Dalam Setahun, Kekayaan Jokowi Melonjak Rp10 Miliar 

Meski begitu Jokowi mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker ketika beraktifitas di luar demi mewaspadai penyebaran Covid-19. Sebab, pandemi belum berakhir secara global.

Mantan wali kota Solo itu juga mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker selama berada di tengah kerumunan dan di ruangan tertutup. Kesadaran warga untuk mencegah penularan Covid-19 ini, menurutnya, perlu ditingkatkan meskipun PPKM telah dicabut.

"Masyarakat harus meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi risiko covid. Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan," kata Jokowi.

Jokowi menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional sejak 13 April 2020. Kebijakan itu menyusul merebaknya virus corona di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sejak itu, Indonesia menetapkan sejumlah pembatasan mobilitas warga untuk mencegah penularan Covid-19. Kebijakan berganti-ganti, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga PPKM.

Selama pandemi Covid-19, Indonesia melaporkan 6.718.775 kasus. Sebanyak 160.583 orang meninggal dunia karena penyakit itu.

***

tags: #presiden joko widodo #ppkm #masker #covid-19 #berakhir

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI