Warga Binaan Lapas Kelas IIB Brebes dengan tertib melakukan antre untuk menjalani screening HIV/AIDS secara sukarela /VCT di aula lapas setempat, .Rabu (18/1/2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Warga Binaan Lapas Kelas IIB Brebes dengan tertib melakukan antre untuk menjalani screening HIV/AIDS secara sukarela /VCT di aula lapas setempat, .Rabu (18/1/2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

40 Warga Binaan Lapas Brebes Jalani Screening HIV/AIDS

Hasil screaning 40 warga binaan negatif.

Rabu, 18 Januari 2023 | 21:58 WIB - Kesehatan
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Sebanyak 40 warga binaan Lembaga Pwmasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menjalani screening HIV/AIDS secara sukarela atau Voluntary Counseling and Testing (VCT) di aula lapas setempat, .Rabu (18/1/2023)

Dokter Lapas Kelas IIB Brebes,  Endang Maryani menerangkan, VCT atau voluntary counselling and testing adalah layanan konseling dan tes HIV yang dilakukan secara sukarela. Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi orang dengan HIV/AIDS.

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Peringati HANI 2024, Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan

"Dalam pelaksanaan kegiatan ini Lapas Kelas IIB Brebes bekerjasama dengan tenaga medis dari Puskesmas Brebes. Program ini dinamakan dengan Mobile VCT," lanjutnya.

Dokter Endang Maryani menerangkan, HIV/AIDS masih menjadi persoalan kesehatan global yang signifikan, sehingga perlu adanya screening untuk memantau penyebaran penyakit ini. 

"Oleh karena itu, adanya program VCT akan mendeteksi dini penyebaran HIV/AIDS," paparnya.

Ia menambahkan, deteksi dini ini dilakukan berfokus pada warga binaan yang baru masuk ke dalam lapas. Mengingat bahwa setiap orang bisa beresiko tertular penyakit ini apabila melakukan hubungan sex yang tidak aman, ataupun akibat penggunaan jarum narkoba yang tidak steril.

Dokter Endang Maryani mengemukakan, hasil dari screening ini menyatakan bahwa 40 warga binaan di Lapas Kelas IIB Brebes negatif, yang berarti bahwa tidak ada yang terjangkit HIV/AIDS.

"Kegiatan ini dilaksanakan semata untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk warga binaan Lapas Kelas IIB Brebes," pungkas dr Endang Maryani.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #hiv #warga binaan #aids #lapas brebes

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI