Cari Tahu Makna Gong Xi Fa Cai! Ternyata bukan Selamat Hari Raya Imlek

Banyak orang mengira bahwa arti dari Gong Xi Fa Cai adalah Selamat Tahun Baru Imlek, padahal sebenarnya tidak. 

Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:00 WIB - Budaya
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Ungkapan Gong Xi Fa Cai seringkali diucapkan ketika Hari Raya Imlek. Banyak orang mengira bahwa arti dari Gong Xi Fa Cai adalah Selamat Tahun Baru Imlek, padahal sebenarnya tidak. 

Namun tahukah apa arti sebenarnya ungkapan Gong Xi Fa Cai?  

BERITA TERKAIT:
Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, Presiden Jokowi: Gong Xi Fa Cai
Cari Tahu Makna Gong Xi Fa Cai! Ternyata bukan Selamat Hari Raya Imlek

Melansir dari situs Dinas Komunikasi dan Informatika, secara harfiah, Gong Xi Fa Cai artinya "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran".

Mengutip dari situs Kabupaten Badung, jika diartikan satu per satu kalimat Gong Xi Fa Cai yaitu Gong Xi (baca: kungsi) artinya selamat, Fa artinya berkembang, dan Cai artinya kekayaan. Fa Cai berarti berkembang dan menjadi kaya.

arti Gong Xi Fa Cai

Setelah membahas mengenai Gong Xi Fa Cai artinya apa sebenarnya, selanjutnya mari membahas seputar makna Gong Xi Fa Cai.

Berikut ini arti makna Gong Xi Fa Cai antara lain:

1. Gong Xi Fa Cai Artinya Sebuah Doa Agar Kekayaan Makin Berlimpah

Ucapan Gong Xi Fa Cai merupakan ucapan yang umum diberikan pada perayaan Tahun Baru Imlek. Meski Gong Xi Fa Cai artinya bukan Selamat Tahun Baru Imlek, ucapan Gong Xi Fa Cai tetap banyak digunakan saat Imlek.

Secara harfiah, mereka yang menggunakan ucapan Gong Xi Fa Cai berharap semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah. Doa dan pengharapan umumnya disampaikan orang Tionghoa untuk dirinya sendiri ataupun kerabat.

2. Mayoritas Ucapan Gong Xi Fa Cai Diucapkan Pebisnis Saat Imlek

Ucapan Gong Xi Fa Cai lebih banyak diberikan atau diucapkan mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia yang berprofesi sebagai pebisnis. Umumnya para pebisnis bertemu dan bersapa, sehingga saling mendoakan dengan kerabat, sanak saudara agar bisnis yang dijalankan semakin sukses dan semakin makmur.

Mengingat mayoritas etnis Tionghoa banyak yang berprofesi sebagai pedagang atau pebisnis. Orang-orang zaman dulu salah sangka dengan ucapan Gong Xi Fa Cai ini, hanya karena lebih sering terdengar dibanding kalimat Selamat Tahun Baru itu sendiri.

Sejarah ucapan Gong Xi Fa Cai artinya berawal dari kata Gong Xi yang berarti selamat. Hal ini berawal dari penduduk China yang berhasil selamat setelah menghindari binatang buas. 

Sementara kata Fa Cai memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang berkembang mengikuti zaman.

Kemudian penggunaan kata Gong Xi Fa Cai ini bermula sejak beberapa abad yang lalu. Penggunaan dua kata pertama yaitu Gong Xi yang memiliki sejarah cukup panjang. Namun jika dikaitkan dengan legenda, maka ucapan ini memiliki arti memberi selamat ketika penduduk China dapat menangkal binatang buas bernama Nian yang mengejar masyarakat Tiongkok dan juga anak-anak. Namun mereka dapat selamat dan bisa mengusir Nian.

Dalam perkembangannya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan, menjadikan kata Gong Xi diikuti dengan menambahkan kata Fa Cai yang berarti sejahtera atau makmur pada pengucapan tersebut.

***

tags: #gong xi fa cai #imlek #arti #tahun baru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI