Kemana Arah PSSI? Erick Thohir: Saya Mau Bersih-bersih, Sepak Bola Kita Sudah Lama Kotor 

Pria yang juga Menteri BUMN itu menyebut dirinya berusaha untuk memperbaiki sepak bola Indonesia yang sudah lama kotor.

Rabu, 01 Februari 2023 | 22:54 WIB - Olahraga
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Calon Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan pandangannya mengenai dunia sepak bola Indonesia. Menurutnya perlu adanya nyali untuk menciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi. 

Pria yang juga Menteri BUMN itu menyebut dirinya berusaha untuk memperbaiki sepak bola Indonesia yang sudah lama kotor.

BERITA TERKAIT:
PSSI Gelar Kongres Biasa 2024
Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Pemain PSIS Ado Satryo Diundang Timnas
Garuda Muda Kalah, Ketum PSSI: Saya Puas dengan Timnas U-23
Erick Thohir: Musim Depan Jadi Liga Seluruh Indonesia
PSSI Umumkan Hasil Tender Hak Siar 2024

Namun, kata dia, hal itu tergantung dari suara para voters. Erick tak memaksa apabila para voters ternyata tidak merasa nyaman atau sepemikiran dengannya terkait bersih-bersih di PSSI.

"Saya sudah berulang-ulang ini perlu nyali untuk kembali, bersih-bersih. Kita harus ciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi. Ini yang kita coba ciptakan. Tapi kan kembali, sama ini kan yang tentukan voters," jelas Erick Thohir kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Menurutnya ada juga kemungkinan dirinya tak memenangkan pemilihan Ketum PSSI

"Kalau ternyata voters-nya tidak confidence dengan saya, ya gimana. namanya juga usaha. Usaha memperbaiki sepak bola Indonesia yang sudah terlalu lama kotor," sambungnya.

Erick menekankan perbaikan sepak bola Indonesia tak berhasil tanpa dukungan para suppoeter. Dia pun melakukan roadshow untuk mendengarkan dan menampung masukan dari para supporter sepak bola, voters, dan pemilik klub sepak bola.

"Itu pun blm tentu jadi. Nanti kita liat. Kalau misalkan enggak jadi yaudah, kita fokus lagi BUMN," tutur Erick.

Sebelumnya, Komite Pemilihan (KP) resmi mengumumkan daftar nama calon sementara Ketua Umum dan wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Pengumuman dilakukan oleh Ketua KP Amir Burhanudin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa 31 Januari 2023.

Sebanyak lima bakal calon Ketua Umum PSSI dinyatakan lolos tahapan verifikasi yang dilakukan KP, terhitung sejak 22 Januari hingga 31 Januari 2023. Adapun untuk posisi calon wakil Ketua Umum PSSI, hanya 16 dari 21 bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat.

Hasil verifikasi memutuskan seluruh bakal calon Ketua Umum masuk dalam daftar calon sementara. Akan tetapi, terdapat lima balon waketum yang tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya karena tidak menyerahkan lembar konfirmasi kesediaan atau pernyataan dukungannya dicabut oleh klub pengusung.

Daftar 5 Calon Sementara Ketua Umum PSSI:

1. AA Lanyalla Mahmud Mattaliti

2. Arif Putra Wicaksono

3. Doni Setiabudi

4. Erick Thohir

5. Fary Djemy Francis

***

tags: #pssi #erick thohir #bumn #sepak bola #ketua umum

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI