Akhir Bulan Ini Mulai Berbayar, Berikut Tarif Tol Semarang-Demak

Seksi 2 ruas Sayung-Demak memiliki panjang 16,31 kilometer.

Minggu, 19 Februari 2023 | 16:15 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Demak- Meski telah dibuka sejak libur Natal tahun lalu, namun hingga kini Jalan Tol Semarang- Demak seksi 2 yang menghubungkan Sayung- Demak belum dipungut biaya alias masih gratis. Meki begitu dipastikan pada akhir bulan ini, ruas Tol baru tersebut akan mulai dipungut biaya.

Menurut Direktur Utama PT PP Semarang- Demak, Siswantono, SK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait tarif Jalan Tol Semarang- Demak seksi 2 telah terbit. "Sudah terbit SK Kementerian PUPR tentang tarif Tol ini, keputusan pada 13 Februari 2023," kata Siswantono belum lama ini.

BERITA TERKAIT:
Dirut PLN Pastikan Kesiapan SPKLU di Beberapa Lokasi Jalur Mudik
Jasa Marga Operasikan Jalur Fungsional Japek II Selatan Sadeng- Kutanegara
Aliansi Warga Bayen Bersatu Berkomitmen Jaga Situasi Keamanan Tetap Kondusif Selama Pembangunan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Solo
Jasa Marga Buka Lowongan Magang untuk Mahasiswa Aktif
Jalan Rusak Tanggungjawab Siapa?

Besaran tarif sudah diatur tiap golongan kendaraan yang melintas, dan akan mulai diberlakukan tanggal 27 Februari.

Berikut rician tarif tol yang akan diberlakukan untuk ruas Semarang- Demak sesi II:
1. Kendaraan Golongan yang masuk mulai gerbang tol Sayung menuju Demak dipatok tarif Rp19 ribu.
2. Kendaraan Golongan 2 dan 3 dipatok tarif Rp28.500,-
3. Kendaraan Golongan 4 dan 5 dipatok tarif Rp38.500,-

Melihat rincian tersebut maka tarif yang dikenakan Tol Semarang Demak sesi dua sebesar Rp 1.195 per kilometer, dengan panjang Tol Semarang Demak seksi 2 sejauh 16,31 Km.

Sedangkan menurut Direktur Teknik PT PP Semarang Demak, Yusuf Maharani, untuk pembayaran hanya dilakukan di gerbang tol Sayung. "Bayar semua di gerbang tol Sayung, untuk di Kadilangu belum," katanya.

Dioperasikannya jaln Tol Semarang Demak seksi 2 tersebut diharapkan mampu mengurai kemacetan yang ada di jalan pantura Semarang Demak. "Harapannya dengan adanya tol semarang demak akan memperlancar lalu lintas terutama di pantura, akibat adanya beberapa titik kemacetan," sambungnya

Untuk diketahui panjang Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 kilometer dan terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 ruas Kaligawe-Sayung dengan panjang 10,39 kilometer dan Seksi 2 ruas Sayung-Demak memiliki panjang 16,31 kilometer.

Ruas Tol Semarang-Demak tersebut merupakan tol baru yang akan dibuka bersamaan dengan 16 ruas tol lainnya dengan total keseluruhan 331,97 kilometer.
 

***

tags: #jalan tol #tol semarang-demak #sayung #gerbang tol

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI