Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto.

Jelang Pilgub Jateng 2024, PDI Perjuangan Sampaikan Tiga Kriteria Cagub

Bambang Wuryanto menandaskan tugas kader PDI Perjuangan di eksekutif dan legislatif adalah mengentaskan kemiskinan.

Senin, 20 Februari 2023 | 21:51 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2024, memberikan 3 kriteria calon gubernur (cagub) Jateng ke depan. Jika ada calon yang ingin maju dari partai berlambang banteng tersebut maka kriteria itu wajib dimiliki.

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto tiga kriteria itu diperlukan agar cagub memiliki visi misi sejalan dengan partai dan gagasan Bung Karno. Kriteria pertama adalah memiliki karakter kuat, yakni memahami ideologi PDI Perjuangan dan mampu menerjemahkan gagasan Bung Karno.

BERITA TERKAIT:
Antar Bacalon Ikuti Fit dan Proper Test, Sri Mulyani Berharap Bupati Klaten Terpilih Lanjutkan Programnya
Bila Terpilih Jadi Bupati, Dion Agasi Ingin Turunkan Angka Kemiskinan di Purworejo
Ikuti Fit and Proper Test di PDIP Jateng, Arnaz Beberkan Sejumlah Program bila Terpilih Jadi Wali Kota Semarang
Pj Gubernur Jateng Serahkan Bankeu Parpol Senilai Rp22,6 Miliar
Beberapa Daerah di Jateng, Miliki Potensi Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024

"Tiga kriteria, 3K. Yang pertama adalah karakter ideologi PDI Perjuangan dan menerjemahkan pemikiran-pemikiran Bung Karno," ucap Bambang Wuryanto, Senin (20/2/2023).

Salah satu pemikiran Bung Karno yang ia sampaikan adalah menambah tenaga kaum Marhaen. Maksudnya, memberikan kekuatan pada kaum Marhaen atau masyarakat miskin melalui program-program pengentasan kemiskinan.

Program pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, lanjut Bambang Wuryanto, menjadi salah satu hal yang ditekankan oleh PDI Perjuangan. Hal itu sebagaimana pesan Soekarno sebagai Presiden pertama RI.

Untuk diketahui saat melaksanakan ziarah di Makam Bung Karno, di hadapan para bupati/wali kota di Jateng, Bambang Wuryanto menandaskan tugas kader PDI Perjuangan di eksekutif dan legislatif adalah mengentaskan kemiskinan. Jadi dalam pilkada dan pileg bukan hanya terfokus pada kemenangan, melainkan kemenangan untuk melaksanakan "perintah" Bung Karno.

"Tugas kita menambah tenaga kaum Marhaen, artinya harus berempati pada orang yang tidak punya. Jika engkau mampu, perhatikan kemiskinan. Itu kalau bupati/wali kota yang merupakan anak didik Bung Karno," tegasnya.

Bambang Pacul demikian sapaan akrabnya mengungkapkan, kriteria kedua kompetensi. calon gubernur PDI Perjuangan harus memiliki pengalaman leadership, kepemimpinan yang ngayomi (memberi rasa aman), ngayemi (memberi rasa nyaman), dan ngayani (memberi penguatan). “Pemimpin tidak boleh hanya mendahulukan diri sendiri, namun harus mengutamakan masyarakatnya,” sambungnya

Kompetensi itu bisa dilihat dari track record atau program-program yang dilakukan untuk menerjemahkan ideologi partai sebagaimana kriteria pertama.

Ketiga adalah kecerdasan. Bambang Pacul menambahkan cagub perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah serta punya sense of crisis.

Hal ini bisa dilihat dari lingkungan dia bergaul, termasuk track record atau capaian yang telah dilakukannya. Hal ini dinilai penting, karena Jawa Tengah menjadi salah satu barometer di Indonesia, baik itu tentang politik, sosial, hingga perihal ekonomi.

Meski demikian, Bambang Wuryanto yang menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI ini tak mengatakan siapa nama yang berpotensi diusung menjadi calon gubernur Jateng di Pemilu 2024.

Pilgub Jateng digelar bersamaan dengan Pilkada serentak se-Indonesia yang dijadwalkan pada 27 November 2024 mendatang. 

***

tags: #pdi perjuangan #bambang wuryanto #calon gubernur #jawa tengah #bung karno

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI