Ledakan di Blitar Terjadi Akibat Meracik Petasan Sambil Merokok 

"Mereka tidak profesional. Saat meracik tidak aman, sambil merokok hingga terjadi ledakan hebat akibat black powder kena percikan api rokok,"

Selasa, 21 Februari 2023 | 10:05 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Blitar - ledakan petasan yang terjadi di Blitar, Minggu (19/2), diduga terjadi akibat pelaku meracik sambil merokok. Fakta ini didapat dari penelusuran Tim Jihandak dan Labfor Polda Jatim melakukan oleh TKP. 

"Mereka tidak profesional. Saat meracik tidak aman, sambil merokok hingga terjadi ledakan hebat akibat black powder kena percikan api rokok," ungkap Kapolresta Blitar AKBP Argowiyono. 

BERITA TERKAIT:
Pascaledakan Gudmurah di Bogor, Panglima TNI akan Evaluasi SOP Penyimpanan Amunisi
Penyebab Ledakan Gudang Amunisi di Ciangsana Bogor: Diduga Gesekan Amunisi yang Kedaluwarsa
Pascaledakan Gudang Amunisi di Bogor, Polri Pastikan Keamanan Warga Sekitar
Petugas Gabungan Lakukan Pengamanan Pasca Kebakaran Gudang Amunisi Bogor
Terjadi Ledakan di Gudang Amunisi Ciangsana Bogor, Pangdam Jaya Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Sementara itu, Dandim 0808 Blitar, Letkol Inf Dwi Sapto, mengatakan ada tiga bahan peledak yang memicu ledakan, yakni black powder (bubuk mesiu) dicampur sulfur dan serbuk gandum, sehingga akan meledak jika terdapat percikan api dalam sesaat.

"Yang terjadi di sini ini ada ledakan sesaat. Dugaan memang pembuatan mercon. Daya ledaknya dari low mengarah ke high explosive karena ledakan terdengar sampai radius 10 km," pungkasnya.

Sebelumnya, sebuah ledakan keras menghancurkan 25 rumah di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar
 

***

tags: #ledakan #petasan #blitar #merokok

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI