Ketua Bawaslu Jateng Muhammad Amin, ditemui di Kantor Dinasnya, Jalan Papandayan Semarang, Jumat (3/3/2023). (Foto: KUASAKATACOM/Daniel Holy)

Ketua Bawaslu Jateng Muhammad Amin, ditemui di Kantor Dinasnya, Jalan Papandayan Semarang, Jumat (3/3/2023). (Foto: KUASAKATACOM/Daniel Holy)

Bawaslu Jateng Tegaskan Tempat Ibadah Dilarang untuk Kegiatan Politik

Terkait hal ini, kata dia, pihaknya memiliki tugas pencegahan dan penindakan.

Jumat, 03 Maret 2023 | 15:50 WIB - Politik
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang – Badan Pengawas pemilu Jawa Tengah (Bawaslu Jateng) menegaskan tempat ibadah tak boleh dijadikan tempat kegiatan politik. Hal ini menyikapi adanya kelompok tertentu yang akan menggunakan masjid sebagai tempat jihad politik pemilihan umum (pemilu) 2024.

“Misalnya sosialiasi calon pasangan kok di masjid, itu dilarang!. Dalam undang-undang di Negara kita jelas ada larangan-larangan tempat kampanye yakni tempat pendidikan dan tempat ibadah,” kata Ketua Bawaslu Jateng Muhammad Amin, ditemui di Kantor Dinasnya, Jalan Papandayan Semarang, Jumat (3/3/2023).

BERITA TERKAIT:
Jelang HUT ke-7, Gets Hotel Semarang Bersihkan Tiga Tempat Ibadah
Kepala Disdikbud Jateng Buka Suara Terkait Pungli Berkedok Infak di SMKN 1 Sale Rembang
Bawaslu Jateng Tegaskan Tempat Ibadah Dilarang untuk Kegiatan Politik
PPKM Dicabut, Menag: Kapasitas Tempat Ibadah Boleh 100 Persen  
Selama KTT G20, Rumah Ibadah di Bali Dijaga Ketat TNI-Polri

Ia menegaskan semua tempat ibadah berbagai agama hanya boleh untuk kegiatan ibadah. Begitu juga dengan sekolah dan kampus hanya boleh untuk kegiatan pendidikan.

“Tempat tempat ini tidak boleh untuk niatan kampanye politik terselubung!,” tegasnya.

Terkait hal ini, kata dia, pihaknya memiliki tugas pencegahan dan penindakan. Pihaknya akan maksimal mencegah agar kegiatan politik tak berada di tempat ibadah dan kampus.

“Kita maksimalkan pencegahan seperti sosialisasi, lalu surat himbauan kepada para partai politik agar tidak melakukan kampanye-kampanye terselubung,” terang dia.

Pihaknya menghimbau kepada semua partai politik agar menggelar kampanye secara sehat sehingga terwujud pesta demokrasi yang langsung, umur, bebas, rahasia, jujur, adil (luber jurdil) dan berintegritas.

Dia menegaskan saat ini kondisi politik di Jawa Tengah masih kondusif, tak ada gangguan-gangguan.

***

tags: #tempat ibadah #pemilu #bawaslu jateng #kegiatan politik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI