Perbaikan Jalan di Jepara Tunggu Cuaca Membaik

Tahun ini Pemkab Jepara siapkan anggaran Rp21,4 M untuk pemeliharaan jalan kabupaten.

Jumat, 03 Maret 2023 | 21:23 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menegaskan jika perbaikan jalan raya di Jepara akan segera dilakukan. Perbaikan ruas jalan itu menunggu cuaca membaik. Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di Jepara itu saat meninjau jalan di jalur Jepara-Keling, di kilometer 6,5, Jumat (3/3/2023).

"Salah satu penyebab kerusakan jalan di Jepara ini diakibatkan cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Cuaca buruk ini tidak hanya merusak jalan kabupaten, tetapi juga jalan nasional maupun provinsi," kata Edy.

BERITA TERKAIT:
Jalan Rusak Tanggungjawab Siapa?
Warga Magelang Gelar Aksi Demo, Tuntut Perbaikan Jalan Rusak Akibat Aktivitas Galian C
Di Daerahmu Ada Jalan Rusak? Lapor ke Kemententerian PUPR, Begini Caranya 
Banyak Jalan Rusak Imbas Proyek Tol, Bupati Klaten Tagih Komitmen Pengembang
Seorang Warga Grobogan Ngeluh Jalan Rusak: Ayo Viralkan!

Edy menegaska  jika perbaikan akan segera dilakukan jika kondisi cuaca membaik. Pasalnya, jika dipaksakan diperbaiki saat curah hujan masih tinggi akan sia-sia.

"Perbaikan menunggu musim penghujan reda dan cuaca membaik. Karena hujan ini tidak menentu. Hari ini diperbaiki misalnya, besok hujan nanti kocar-kacir lagi," ungkapnya.

Soal jalan nasional yang rusak, pihaknya sudah memerintahkan Kepala Dinas PUPR Jepara untuk menghubungi balai jalan nasional. Hal yang sama juga dilakukan untuk jalan yang statusnya jalan provinsi. Harapannya sama, jalan yang rusak segera diperbaiki.

Soal penanganan sementara, Edy mengaku sudah melakukan beberapa kali pengurukan. Namun karena hujan lebat, lagi-lagi material urukan hilang. "Untuk jalan kabupaten, setelah hujan ini kita genjot. Akan segera kita tangani," tegas Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Jepara Ary Bachtiar mengungkapkan jika tahun ini anggaran pelapisan jalan di jalan propinsi tahun ini dianggarkan sekitar Rp2,6 miliar yakni mulai dari  Mulyoharjo sampai Kuwasen sekitar 2 km. Sedangkan perbaikan atau pemeliharaan ruas lainnya anggarannya tergabung dengan jalan-jalan di kabupaten lain. "Nanti kalau cuaca sudah membaik akan dikerjakan," ujar Ary.

Sedangkan untuk jalan kabupaten, Ary menyebut jika tahun ini Pemkab menyiapkan anggaran Rp21,4 miliar untuk pemeliharaan jalan. Hal ini belum termasuk anggaran klinik jalan sekitar Rp8 miliar.

***

tags: #jalan rusak #pemkab jepara #kabupaten jepara #pj bupati jepara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI